Penyebab dan Gejala Infeksi Tulang Belakang (Osteomielitis)

Penyebab dan Gejala Infeksi Tulang Belakang (Osteomielitis) - Osteomielitis adalah infeksi tulang yang disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh lewat luka atau penyebaran infeksi lewat darah. Osteomielitis lebih sering diderita oleh anak-anak dan umumnya ditandai dengan demam, malaise, dan rasa nyeri pada bagian yang terserang.

Ada beberapa Faktor penyebab terjadinya Infeksi Tulang belakang :

1. Kurangnya pasokan darah akibat pembengkakan sumsum tulang sehingga mengakibatkan bagian dari tilang mati.

2. Terbawanya bakteri dalam aliran darah. Infeksi dari bagian tubuh lain terbawa aliran darah dan menyebar ke tulang. Akibtanya, terjadi infeksi di ujung tulang dan di tulang belakang.

3. Memiliki riwayat patah tulang. Bakteri bisa langsung masuk ke tulang pada saat dilakukan proses perbaikan patah tulang dengan menempelkan potongan logam. Organisme juga bisa masuk ke tulang saat dilakukan pembedahan tulang atau dari benda yang terkontaminasi bakteri dan menembus tulang.

4. Mengidap penyakit yang bisa memicu terjadinya infeksi tulang, seperti penyakit diabetes, trauma, hemodialisis, dan penyalahgunaan narkoba.
 

Penyebab dan Gejala Infeksi Tulang Belakang (Osteomielitis)

Gejala

Tulang yang terinfeksi ditandai dengan timbulnya demam. Gejala lain yang ditunjukkan akibat terjadinya infeksi tulang adalah munculnya rasa nyeri yang luar biasa pada tulang. Selain itu, tulang yang terinfeksi juga akan mengalami luka dan pembengkakan, bahkan terjadi pseudoparalysis, yaitu terbatasnya gerakan tulang yang terinfeksi. Terutama pada penderita yang mengonsumsi obat pereda nyeri. Pada beberapa kasus pasien juga akan mengalami mual.

Pengobatan
Pengobatan dilakukan untuk menghancurkan bakteri penyebab infeksi pada tulang. Selama 4-6 minggu penderita akan diberikan antibiotik yang sudah disesuaikan dengan bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi.

Bila mengalami pembengkakan dan pengumpulan nanah maka akan dilakukan tindakan pembedahan. Pengobatan akan lebih kompleks bila infeksi tulang berasal dari jaringan lunak di dekatnya.

Tindakan pembedahan bertujuan untuk menekan penyebaran infeksi ke tulang lainnya. Sebelum dibedah, penderita akan diberikan antibiotik beberapa minggu sebelumnya, sehingga sendi buatan yang terinfeksi tersebut bisa diangkat dan digantikan oleh sendi buatan yang baru.

Terkadang pengobatan dapat gagal dan infeksi akan berlanjut, sehingga diperlukan pembedahan untuk menggabungkan sendi atau mengamputasi anggota gerak yang terkena.




Demikian mengenai Penyebab dan Gejala Infeksi Tulang Belakang (Osteomielitis), semoga postingan  kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Penyebab dan Gejala Infeksi Tulang Belakang (Osteomielitis)"

Posting Komentar