Bahaya Ngedot Sambil Tiduran bagi Anak

Bahaya Ngedot Sambil Tiduran bagi Anak
Bahaya Ngedot Sambil Tiduran bagi Anak - Banyak orang tua memberikan dot saat anaknya menangis, saat diberikan dot anak bisanya akan langsung diam dan akan ngedot sambil tiduran hingga tertidur. Nah, jika anak Anda sering melakukan hal tersebut, maka sebaiknya Anda berhati-hati, karena hal tersebut bisa berbahay untuk anak.

Ngedot sambil tiduran memang bisa membuat anak menjadi nyaman dan mencegah dari rewel, tindakan ini juga membuat orang tua bisa menjadi lebih sedikit santai. Namun, pernahkan Anda terpikir bagaimana suitnya ngedot sambil tiduran? Ya, hal inilah yang terjadi pada anak Anda saat melakukannya.

Secara anatomi, pencernaan dan pernapasan memang berbeda saluran. Namun kedua bagian tubuh tersebut terletak berdekatan. Inilah mengapa kesalahan posisi saat anak makan atau ium dapat berakibat tersedak - masuknya makanan atau minuman ke saluran napas.

Lantas bila benda yang masuk cukup bbanyak, saluran napas anak akan tersumbat dan menyebabkan kesulitan bernapas pada anak, anak risiko paling mengerikan adalah berujunga kematian pada anak bila tak segera di tolong.

Fakta yang perlu Anda tahu sebagai orang tau adalah, bahwa tersedak menyebabkan banyak kematian pada anak di awal usia tiga tahun. Mulai tersedak mainan, makanan, hingga minuman akibat ngedot sambil tiduran.

Bagaimana solusinya?

Kebiasan ngedot sambil tiduran memang sulit untuk dirubah. Namun, Anda harus mempunyai siasat dengan mencoba cara-cara di bawah ini:

1. Sanggah Kepala anak dengan Bantal

Menyeggah kepala anak dengan bantal hingga posisi setengah duduk memungkinkan cairan dari dalam bototl tetap mengalir ke saluran cerna. Secara perlahan, lakukan ini sambil mengajari anak untuk minum dalam posisi duduk.

2. Latih anak Minum dengan Gelas sambil Duduk

Melatih anak minum dengan gelas sambil duduk juga bisa menghindari bahay tersedak, latihan ini juga sekaligus menyapih anak dari botol dot. Faknya, penggunaan dot berkepanjangan dapat memengaruhi pertumbuhan gigi anak.

3. Gantikan Kenyamanan dot dengan Hal Lainnya

Anak mungkin sudah mendapatkan kenyamanan tersendiri dari ngedot sambil tiduran. Untuk meghindarkan anak dari hal tersebut, Anda bisa mencoba dengan memberikan mainan kesukaan mereka atau alunan lagu yang menenangkan.

4. Jangan Biarkan Anak Makan dan Minum tanpa Pengawasan

hal ini terutama ditujukkan pada anak di bawah usia tiga tahun. Apa pun medianya, baik botol maupun gelas, jangan lepaskan pengawasan saat anak sedang minum. Pada usia tersebut, anak biasanya belum mampu meminta bantuan saat sedang tersedak.

Langkah tepat dan cermat dalam pengawasan anak sangatlah penting, karena ini bisa menghindari bahaya ngedot sambil tiduran.

Demikian mengenai Bahaya Ngedot Sambil Tiduran bagi Anak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bahaya Ngedot Sambil Tiduran bagi Anak"

Posting Komentar