5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Vitamin B Kompleks

5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Vitamin B Kompleks
5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Vitamin B Kompleks - Assalamualaikum sobat blogger,alahmdulillah bisa updatew lagi. 

Sebenarnya vitamin ada lebih dari selusin, semuanya berbeda dan melakukan berbagai fungsinya masing-masing. Sebagian besar vitamin B kompleks bekerja sama untuk kepentingan tubuh kita. Karena hubungan erat antara vitamin-vitamin tersebut, maka para ahli menyebutnya vitamin B kompleks.

Vitamin B-kompleks merujuk pada semua vitamin penting yang larut dalam air kecuali untuk vitamin C. Vitamin B kompleks meliputi
thiamine , riboflavin , niacin , asam pantotenat , pyridoxine , biotin, asam folat dan cobalamins .

Setiap anggota B kompleks memiliki struktur dan menjalankan fungsi sendiri dalam tubuh manusia. Vitamin B1, B2, B3, dan biotin ambil bagian dalam produksi energi, vitamin B6 penting untuk metabolisme asam amino, dan vitamin B12 dan asam folat membantu dalam pembelahan sel. Masing-masing vitamin ini memiliki banyak fungsi tambahan. Namun, tidak ada fungsi yang mengharuskan semua vitamin B-kompleks di konsumsi secara bersamaan.


Sumber Vitamin B Kompleks

  • Vitamin B1 . Termasuk ke dalam vitamin B kompleks. Vitamin ini bisa ditemukan dalam sereal kacang-kacangan seperti lentil, almond, sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, kubis, asparagus. Sdangkan dari sumber hewani bisa didapatkan dari, ikan, telur, susu, dan daging.
  • Vitamin B2 . Banyak ditemukan pada ayam, salmon dan ikan seperti tuna dan salmon. Sedangkan bagi para vegetarian bisa mendapatkan sumber niacin dari kacang-kacangan, pasta dan gandum utuh.
  • Vitamin B6 makanan seperti kentang, kacang-kacangan, daging merah, unggas, telur dan sereal mengandung sangat tinggi vitamin B6
Seperti halnya vitamin lainnya, vitamin B kompleks juga mengandung berbagai manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh Anda, seperti :

Meningkatkan Energi

Tubuh membutuhkan bantuan Vitamin B kompleks pada saat mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang pada gilirannya menghasilkan energi pada saat beraktivitas ataupun latihan. Jika tubuh kekurangan vitmain ini, maka proses produksi energi tidak berjalan optimal dan Anda bisa mengalami cepat lelah dan penurunan vitalitas saat latihan dan beraktivitas.

Membantu Proses Metabolisme

Karena larut dalam air, vitamin B kompleks mampu memperbaiki pencernaan dan produksi asam klorida yang berfungsi memecah lemak, protein, dan karbohidrat.
Vitamin B1, B2, B3 dan B6 sangat penting dalam menjaga pencernaan sehingga kekurangan vitamin ini akan memicu masalah pencernaan parah.

Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin B kompleks juga berperan dalam meningkatkan fungsi memori dan konsentrasi.Vitamin ini bekerja dengan cara membangun perisai pelindung di sekitar saraf otak dari ancaman homosistein yang dikenal sebagai racun bagi sel-sel saraf.

Mencegah Penuaan Dini

Kesehatan kulit, rambut, dan kuku tergantung pada sistesis RNA dan DNA yang terjadi setelah dibantu vitamin B kompleks.Gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, ketombe, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan kulit keriput merupakan akibat kekurangan vitamin ini.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Vitamin B kompleks juga mengandung unsur niacin, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik . Selain itu, vitamin ini juga berperan mencegah pengerasan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke.
Daging, ikan, dan biji-bijian seperti beras dan gandum, mengandung semua vitamin B kompleks, namun vitamin ini banyak ditemukan di bagian luar makanan ini. Ini berarti bahwa beras yang dipoles telah banyak kehilangan vitamin ini.

Demikian mengenai 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Vitamin B Kompleks,semoga dapat bermenfaat buat kalian semuanya,wassalamualaikum.


sumber:http://www.baru-terupdate.info/2013/06/5-manfaat-yang-bisa-anda-dapatkan-dari.html
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Vitamin B Kompleks"

Posting Komentar