Cara Mencegah Orang Mau Pingsan

Cara Mencegah Orang Mau Pingsan - Pingsan atau hilangnya kesadaran sering berdampak fatal karena saat jatuh benturannya bisa memicu cedera serius. Untuk itu beberapa hal bisa dilakukan saat merasa pusing, agar tidak jadi pingsan atau minimal bisa menghindari cedera.

Penyebab pingsan yang paling umum adalah berkurangnya tekanan darah yang bersifat sementara dan akan pulih kembali dalam waktu singkat. Gejala yang muncul sebelum pingsan antara lain kepala pusing, mata berkunang-kunang, tubuh terasa melayang dan tampak pucat.
 

Cara Mencegah Orang Mau Pingsan

Karena pemicunya adalah tekanan darah rendah, maka beberapa hal yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Betterhealth, adalah sebagai berikut:

1. Berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi
Pertahankan posisi ini sekitar 10 menit, maka gravitasi akan mendistribusikan kembali tekanan darah yang semula terpusah di kaki dan bagian bawah tubuh. Ketika tekanan darah di kepala dan bagian atas tubuh meningkat, maka gejala mau pingsan biasanya akan segera berkurang.

2. Duduk dan tundukkan kepala

Jika tidak menemukan tempat yang memungkinkan untuk berbaring, segeralah duduk lalu tundukkan kepala serendah-rendahnya. Tujuannya sama seperti berbaring, yakni memanfaatkan gravitasi untuk membantu jantung memompa darah ke kepala dan tubuh bagian atas.

3. Kipas-kipas dan jauhi kerumunan

Saat tekanan darah turun, kemampuan darah untuk mendistribusikan oksigen berkurang sehingga gejala mau pingsan akan bertambah parah. Kondisi ini bisa diatasi dengan mencari udara segar, misalnya dengan menghindari kerumunan atau kipas-kipas jika badan juga mulai terasa gerah.

Selain mengikuti 3 cara tersebut, pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi sebab kebanyakan orang jadi mudah pingsan saat mengalami dehidrasi. Minum air yang banyak, jika perlu berikan bau-bau yang merangsang seperti minyak kayu putih untuk meringankan gejala.

Pada kebanyakan orang, pingsan tidak berdampak serius dan akan pulih dalam beberapa saat. Namun tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter, sebab sering pingsan juga bisa menandakan adanya penyakit kronis seperti kurang darah atau anemia, bahkan diabetes dan gangguan jantung.

Demikian mengenai Cara Mencegah Orang Mau Pingsan, semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mencegah Orang Mau Pingsan"

Posting Komentar