Manfaat dan Efek Buruk Kolesterol

Manfaat dan Efek Buruk Kolesterol - Kolesterol, kata berikut pasti sudah banyak yang mendengarkannya. kolesterol sudah dikenal oleh banyak orang sebagai penyakit yang membahayakan.

Tapi tahukan anda? Bahwa kolesterol adalah salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Memang kolesterol yang berlebihan tak baik untuk tubuh kita sendiri, tapi kalau kolesterolnya normal dan seimbang, maka kolesterol itu tak memyebabkan penyakit bagi tubuh.

Dalam istilah ilmiah, kolesterol merupakan senyawa alkohol lemak seperti yang ditemukan di dinding sel dan diangkut dalam plasma darah. Kolesterol adalah kelompok senyawa yang disebut sterol (sebuah kombinasi steroid dan alkohol).

Kandungan kolesterol yang normal dapat sangat bermanfaat bagi tubuh. Tapi sebaliknya, bila kandungannya berlebihan, kolesterol bisa menjadi bumerang yang justru menyerang sistem tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit-penyakit degeneratif.
 
Manfaat dan Efek Buruk Kolesterol
Dilansir dari Ehow dan detik.com,  berikut manfaat dan efek buruk kolesterol:


Manfaat kolesterol
  • Membantu membangun dan mempertahankan membran sel, yang menjadikan dinding sel lebih kuat dan kaku, juga membantu sel melindungi diri dari benda asing dan membangun kekebalan sel.
  • Berperan penting dalam proses biokimia, seperti sintesa hormon steroid, juga membantu produksi hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan individu.
  • Memproduksi dan mempertahankan vitamin D. Kolesterol dalam tubuh akan mengubah vitamin D dengan bantuan sinar matahari.
  • Tingkat kolesterol dalam tubuh juga berguna untuk melindungi kulit dari benda asing atau sinar berbahaya seperti UV, juga membantu menyembuhkan luka.
  • Terlibat dalam produksi asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak larut atau berbahaya yang memasuki tubuh melalui makanan.
  • Kolesterol yang tidak larut dalam air membuatnya berguna mengangkut vitamin A dan E.


Efek Buruk

 
  • Aterosklerosis adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi. Karena kolesterol tinggi, pembentukan deposit plak terjadi dalam arteri dan mengganggu aliran darah ke jantung, sehingga kemungkinan serangan jantung dan stroke meningkat.
  • Meningkatkan berat badan. Kelebihan kolesterol meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan sebagai hasilnya akan membuat orang obesitas (kegemukan).
  • Meningkatkan risiko gagal jantung. Kolesterol berlebih di dalam darah membuat kerja jantung lebih berat, sehingga membutuhkan tekanan yang ekstra untuk memompa darah dan pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal.
  • Pengendapan kolesterol dalam darah akhirnya juga menyebabkan gangguan fungsi hati dan ginjal.

Makanan seperti produk daging, unggas, ikan, makanan laut, produk susu dan kuning telur merupakan sumber yang kaya kolesterol. Tapi bagi orang yang cenderung memiliki kolesterol tinggi, makanan-makanan tersebut sebaiknya dikurangi.

Demikian mengenai Manfaat dan Efek Buruk Kolesterol, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Manfaat dan Efek Buruk Kolesterol"

Posting Komentar