Bahaya Makan Sebelum Tidur

Bahaya Makan Sebelum Tidur
Bahaya Makan Sebelum Tidur - Siapa diantara kalian yang suka makan terlebih dahulu baru bisa tidur malam? Ada sebagia orang yang tidak bisa tidur karena lapar, dan akhirnya mereka makan untu memenuihi cacing yang ada di perutnya. Ternyata kegiatan ini memiliki efek samping yang buruk untuk tubuh lho, walaupun terlihat sepele.

Memang hal ini agak mengejutkan kita, karena banyak orang yang melakukan kegiatan ini. Tetapi fakta medis yang membuktikan kalau makan sebelum tidur tidak baik untuk kesehatan Anda. Apalagi kalau Anda mengonsumsi makanan yang tergolong tidak sehat, seperti tinggi kalori dan tidak bergizi.

Lalu apa saja efek samping yang ditibumbulkan dari makan sebelum tidur, berikut adalah diantaranya:

1. Penyakit Lambung atau GERD

Arus balik asam lambung gastro esophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit yang sering terjadi kerena kebiasaan makan dan langsung tiduran. Sebab, ketika lambung penuh dengan makanan dan posisi Anda tidur juga memperngaruhi, maka asam lambung akan mudah naik ke arah kerongkongan.

2. Diabetes Melitus

Makan sebelum tidur yang dilakukan terus menerus, bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh, khususnya perut. Lemak dalam perut yang berlebih ini berbahay untuk kesehatan, dan hubungan dengan resisten insulin yang menggangi metabolisme gula. Akibatnya, diabetes melitus atau penyakit gula darah sangat sulit dihindari.

3. Penyakit Jantung

Penumpukan lemak yang tejadi bisa sangat membahaya kan jantung Anda. Pasalnya saat lemak menumpuk akibat kebiasaan makan sebelum tidur dan bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah jantung. Maka hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, kejadian ini akan membuat Anda terancam penyakit jantung.

4. Meningkatkan Berat Badan

Setelah makan terus tidur, maka tubuh tidak beraktivitas, yang artinya tubuh tidak melakukan pembakaran lemak. Dan bila kebiasaan buruk ini terus dilakukkan, maka Anda harus hati-hati jika berat badan Anda naik dengan drastis.

5. Kuallitas Tidur Tenganggu

Makan sebelum tidur membuat tubuh bekerja untuk membakar kalori yang masuk dari makanan. Pada akhirnya, proses ini akan menyebabkan Anda tidak bisa langsung tidur karena akibat perut begah.

Itulah bahaya makan sebelum tidur, jika sudah mengetahui bahayanya, maka sebaiknya kebiasaan tersebut harus ditinggal untuk menjaga kesehatan Anda.

Demikian mengenai Bahaya Makan Sebelum Tidur, semoag postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bahaya Makan Sebelum Tidur"

Posting Komentar