Risiko Duduk Lama dan Cara Pencegahannya

Risiko Duduk Lama dan Cara Pencegahannya - Kabar buruk terutama bagi Anda yang seorang pegawai kantoran, di mana anda harus duduk berjam-jam untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Duduk terlalu lama sangat berisiko terhadap kesehatan Anda. Apalagi bagi Anda yang telah kecanduan game online atau jejaring sosial sampai Anda lupa, telah berapa lama duduk asyik di depan komputer atau laptop.

Ada beberapa risiko yang mungkin bisa terjadi jika Anda duduk terlalu lama yakni 8 hingga 10 jam dengan posisi yang sama:

1. Sakit punggung
Salah satu akibat duduk terlalu lama adalah terasanya sakit pada punggung bagian bawah atau pada bagian tulang belakang secara keseluruhan. Hal itu dikarenakan otot menjadi kaku akibat duduk terlalu lama.

2. Gangguan fungsi metabolisme tubuh
Menurut sebuah penelitian, duduk terlalu lama sampai berjam-jam dapat mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah terjadi peningkatan kolesterol dalam tubuh. Ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.

3. Meningkatnya resiko diabetes
Wanita yang duduk selama 7 jam sehari memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2. Bila kebiasaan ini dilakukan rutin secara terus-menerus setiap hari, maka siap-siap untuk terkena penyakit ini. Kenapa? Karena duduk terlalu lama mengurangi kerja tubuh kita yang seharusnya membakar gula dalam tubuh untuk dijadikan tenaga. Jika gula dalam tubuh ini tidak banyak dibakar, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

4. Nyeri di leher
Duduk dalam posisi tegak berjam-jam akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian leher. Rasa sakit ini disebabkan karena adanya peradangan pada bagian sendi tulang belakang.

5. Mati muda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama Anda duduk, maka semakin pendek pula usia Anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol. Resiko yang terjadi adalah Anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

Risiko Duduk Lama dan Cara Pencegahannya

Namun dari semua kabar buruk tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama, yaitu :


1. Minumlah lebih banyak air

Selain minum air sangat baik bagi kesehatan, hal ini akan “memaksa” Anda untuk lebih sering berdiri walau hanya sekadar mengambil air. Ini juga memungkinkan Anda untuk sering pergi ke toilet.

2. Berdiri sebentar setiap 30 menit sekali

Berdirilah atau melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh anda dari kekakuan. Anda bisa sesekali memutar lengan Anda atau menggerakkan kepala Anda.

3. Gunakan tangga
Daripada menggunakan lift, lebih baik menggunakan tangga sekalian “olahraga ringan”. Aktivitas ini dapat membuat tubuh Anda lebih bugar.

4. Gunakan meja yang fleksibel
Jika memungkinkan, gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat diubah posisinya untuk digunakan saat duduk ataupun berdiri.

5. Hampiri rekan kerja Anda
Hampiri langsung rekan kerja Anda bila ingin menyampaikan sesuatu daripada menggunakan telepon atau pesan singkat, seperti SMS maupun BBM.

Intinya, perbanyaklah bergerak dan berdiri. Entah bagaimanapun caranya. Sering pula berolahraga tiap pekan. Kolesterol yang menumpuk akbiat duduk terlalu lama dapat diantisipasi dengan olahraga yang teratur.


Demkian mengenai Risiko Duduk Lama dan Cara Pencegahannya, semoga artikel kali ini dapat menambah informasi bagi anda.

sumber:artikelsehat99.com
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Risiko Duduk Lama dan Cara Pencegahannya"

Posting Komentar