Stres Bisa Tingkatkan Berkembangnya Sel Kanker

Stres Bisa Tingkatkan Berkembangnya Sel Kanker - Stres dapat berpengaruh burusk pada kesehatan Anda. Misalnya saja, bisa membuat mental Anda tertekan selalu merasa bersalah dan menyalahkan diri sendiri. Jika stres kelanjutan terus-menerus bisa saja banyak penyakit yang datang, karena daya tahan tubuh kita saat stres akan cenderung berkurang. Tapi yang menjadi pertanyaannya adalah. Apalah stres bisa berkaitan dengan tumbuh kembangnya sel kanker dalam tubuh kita?

Menurut Angela Clow, profesor psikofisiologi di University of Westminter, secara umum pikiran stres tidak menyebabkan kanker. Namum pikiran stres dapat menyebabkan meningkatnya risiko perkembangan kanker.
Stres Bisa Tingkatkan Berkembangnya Sel Kanker

Dikutip dari teleggraph dan detikcom, Clow menjelaskan kalau stres kronis dapat menyebabkan turunnya sistem imun pada malam hari yang penting untuk melawan sel kanker. Ada dua sistem imun dalam tubuh kita. Pertama adalah sistem imun sehari-hari yang berfungsi untuk melawan kuman yang berpotensi menyerang diri kita. Kedua adalah sistem imun pada malam hari yang berfungsi untuk melawan tumbuh kembangnya sel kanker yang tersembunyi.

dr Ang Peng Tiam ari Parkway Cancer Centre, Singapura mengatakan bahwa studi terhadap hewan dan manusia menunjukan stres kronis dapat melemahkan kekebalan tubuh kita. Sistem kekebala ini bertanggung jawab untuk melawan serangan infeksi dan sel kanker.

"Sistem kekebalan mencari dan menghancurkan sel kanker yang muncul. Namun ketika kekebalan tuubh melemah, sel kanker dapat tumbuh menjadi tumor yang sangt ganas, " Ucap dr Ang Peng Tiam.

Selain itu percobaab pada tikus yang diberikan obat beta blocker dapat menghentikan hormon stres dari pembul getah bening di dalam tumor. Sehingga, risiko kanker menyebar melalui kelenjr getah bening bisa berkurang.

Demikian mengenai Stres Bisa Tingkatkan Berkembangnya Sel Kanker, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat. Dan jangan lupa tetap jaga kesehatan. Karena sehat itu mahal, dan jangan bosan untuk hidup sehat.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Stres Bisa Tingkatkan Berkembangnya Sel Kanker"

Posting Komentar