Cara Merawat Rambut dari Dalam

Cara Merawat Rambut dari Dalam - Rambut adalah mahkota setiap orang, tak hanya bagi wanita tetapi juga berlaku bagi pria. Sama halnya seperti kulit, kondisi rambut juga mencerminkan kesehatan dalam diri Anda.

Sel-sel yang membentuk setiap helai rambut memerlukan pasokan nutrisi secara teratur.  Mengonsumsi  makanan yang mengandung vitamin dan mineral secara seimbang untuk tetap memiliki rambut yang berkilau dan kuat.

Apa saja gizi yang harus dipenuhi untuk membuat rambut tetap sehat dan terlihat indah.
Cara Merawat Rambut dari Dalam

Protein
seperti rambut terbuat dari protein, pastikan Anda memiliki cukup asupan protein untuk rambut yang kuat dan sehat. Kekurangan protein akan membuat rambut cenderung kering, rapuh dan

lemah. Diet protein yang sangat rendah dapat menyebabkan rambut rontok. Pilih ayam, kalkun,  ikan, produk susu dan telur sebagai sumber protein yang sangat baik, serta sumber lain seperti kacang-kacangan.

Zat Besi
Zat besi merupakan mineral yang sangat penting untuk rambut Anda, dan kekurangan zat besi (anemia) merupakan penyebab utama rambut rontok karena folikel rambut dan akar diberi

makan oleh suplai darah yang kaya nutrisi. Saat kadar besi (serum ferritin) berada di bawah titik tertentu, Anda mengalami anemia. Hal ini akan mengganggu pasokan nutrisi ke folikel yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Produk hewani seperti daging merah, ayam, dan ikan memberikan zat besi dengan bioavailabilitas yang tinggi.

Sementara untuk vegetarian dapat mengonsumsi kacang-kacangan, brokoli, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Vitamin C
Vitamin C membantu penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga makanan yang tinggi akan  vitamin C, baik untuk dikonsumsi. Vitamin C juga merupakan antioksidan sehingga mudah  digunakan oleh tubuh. Sumber terbaik vitamin C adalah blackcurrant, lemon, blueberry, brokoli, jambu biji, kiwi, jeruk, papaya, stoberi, dan ubi jalar. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen  yang memperkuat kapiler yang memasok poros rambut.

Omega-3
Asam lemak omega-3 adalah lemak yang penting bagi tubuh kita yang tidak dapat dibentuk  sendiri oleh tubuh, karena itulah harus diperoleh dari asupan yang kita makan. Omega-3  ditemukan dalam sel-sel yang melapisi kulit kepala dan juga menyediakan minyak untuk mejaga  kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Dapatkan omega-3 dari ikan yang mengandung minyak seperti salmon, herring, sarden, trout, dan makarel serta sumber lain seperti alpukat, biji labu, dan kenari.

Vitamin A
Vitamin A sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat sebum. Sebum adalah zat berminyak  yang diciptakan oleh kelenjar rambut subaceous dan memberikan kondisioner alami untuk kulit kepala yang sehat. Tanpa sebum, kita mungkin mengalami kulit kepala gatal dan rambut kering.

Produk hewani dan sayuran berwarna kuning/oranye mengandung betakaroten (pembentuk vitamin A) yang tinggi, seperti wortel, labu, dan ubi jalar.

Seng dan Selenium
Perlindungan kulit kepala melibatkan mineral penting lainnya, terutama seng dan selenium. Kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok dan kering serta pengelupasan kulit kepala.

Sereal dan biji-bijian merupakan sumber zat seng yang baik bersama dengan tiram, daging sapi, dan telur.

Vitamin E
Sinar matahari dapat merusak rambut kita sama halnya seperti dapat merusak kulit, jadi pastikan  untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E untuk memberikan perlindungan kepada rambut Anda. Kacang-kacanga adalah sumber dari segala gizi, menyediakan seng, selenium, dan vitamin E. jadi cobalah memasukkannya sebagai menu diet sehat Anda.

Biotin
Biotin adalah vitamin B yang larut dalam air. Terlalu sedikit kandungan biotin dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rapuh dan rontok. Makanan yang kaya akan biotin adalah biji-bijian,  hati, kuning telur, tepung kedelai, dan ragi.

Perawatan alami
Buat masker rambut Anda sendiri untuk perawatan yang bernutrisi dan mendalam untuk rambut Anda setiap dua minggu sekali.

Kocok kuning telur dan campur dengan separuh alpukat yang sudah ditumbuk dan tambahkan satu sendok madu. Pijatkan ke rambut yang basar dan bersih lalu  biarkan selama 30 menit sebelum dibilas secara menyeluruh.


Demikian mengenai Cara Merawat Rambut dari Dalam, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.

Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Merawat Rambut dari Dalam"

Posting Komentar