Bolehkan Berolahraga Setelah Bergadang?

Bolehkan Berolahraga Setelah Bergadang?
Bolehkan Berolahraga Setelah Bergadang? - Setiap pergantian tahun baru pasti banyak orang yang merayakannya dengan menanti pergantian tahun baru, yang artinya banyak orang yang bergadang untuk menyaksikan detik-detik pergantian tahun baru.

Nah, biasanya saat hari libur, akan banyak orang yang berolahraga, tapi karena karena habis bergadang banyak orang yang akhrinya malas-malasan untuk berolahraga. Tapi tak semua orang malas-malasan karena alasan bergadang di tahun baru-an.

Lalu timbul sebuah pertanyaan, apakah boleh berolahraga di pagi hari setelah bergadang di malam hari? Apakah baik untuk kesehatan tidak?

Sebuah penelitian yang dilakukan di University warwick menyebutkan kalau berolahraga setelah bergadang semalaman akan berbahaya untuk tubuh. Dari penelitian ini menunjukkan kalau kurang tidur enam jam dan nekat melakukan olahraga, maka memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung meningkat 50 persen dan juga bisa meningkatkan risiko kematian mendadak. Bahkan kurang tidur saja bisa meningkatkan risiko stroke dan kematian yang berkaitan dengan stroke dan kematian yang berkaitan dengan stroke hingga 15 persen.

Kurang tidur bisa mengalami peradangan yang tentu akan meningkatkan berbagai masalah kesehatan kronis layaknya tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung. Bergadang bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun drastis. Dengan kondisi tubuh yang sangat lemah ini, tentunya tidak baik atau kurang bijak jika melakukan olahraga karena membutuhkan energi yang cukup banyak.

Jadi sebaiknya jangan memaksakan diri untuk berolahraga setelah bergadang sebaiknya habiskan waktu Anda untuk beristirahat agar tenaga bisa pulih kembali. Atau bisa saja melakukan olahraga di sore harinya atau di hari besoknya agar bisa lebih segar dan fit lagi. Sehingga risiko untuk terkena masalah kesehatan menjadi semakin kecil.

Demikian mengenai Bolehkan Berolahraga Setelah Bergadang?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bolehkan Berolahraga Setelah Bergadang?"

Posting Komentar