Solusi Mencegah Batu Ginjal

Solusi Mencegah Batu Ginjal - Batu Ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).

Lalu bagaimana mencegah batu ginjal ini? Berikut adalah Cara Mencegah Batu Ginjal :

Solusi Mencegah Batu Ginjal


1. Kurangi konsumsi daging
Peningkatan konsumsi protein hewani memperbesar peluang terjadinya batu ginjal. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi protein hewani dapat menurunkan risiko batu ginjal.

2. Banyak minum air putih
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum lebih dari 2 1/2 liter air putih setiap hari mengalami penurunan risiko mengalami batu ginjal sekitar 40 persen dibandingkan orang yang hanya sedikit minum air putih.

3. Batasi konsumsi grapefruit juice dan minuman bersoda
Penelitian menujukkan bahwa kedua jenis minuman tersebut dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

4. Diet tinggi kalium dan magnesium
Dengan melakukan diet tinggi kalium dan magnesium dapat mengurangi kemungkinan mengalami batu ginjal.

5. Suplemen pyridoxine dan magnesium
Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengambil suplemen pyridoxine dan magnesium.
Jika dikonsumsi secara bersamaan, kedua suplemen tersebut dapat mengurangi oksalat, garam mineral yang ditemukan di batu ginjal.

6. Batasi asupan kalsium dan garam
Anda harus membatasi asupan kalsium dan garam sebagai salah satu langkah untuk mencegah terjadinya batu ginjal.


Demikian mengenai Solusi Mencegah Batu Ginjal, dan jangan lupa batasi juga konsumsi bayam, bukan tidak boleh mengkonsumsi bayam, tapi jumlahnya harus dibatasi.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Solusi Mencegah Batu Ginjal"

Posting Komentar