Ciri Ciri dan Penyebab Lipoma

Ciri Ciri dan Penyebab Lipoma - Lipoma adalah tumor jinak yang tumbuh dibawah kulit dan merupakan endapan lemak. Lipoma tumbuh dengan perlahan-lahan dan mudah dideteksi tangan dan disentuh oleh jari secara pelan. Lipoma dapat terjadi di bagian manapun dari badan, di mana ada sel lemak. Lipoma sering terbentuk di dalam lapisan lemak di bawah kulit. Lipoma memiliki variasi dalam ukuran, dari ukuran kacang polong sampai beberapa centimeter garis tengahnya. Lokasi yang paling umum terdapat lipoma adalah pada atas bahu, dada dan punggung, tetapi daerah lain di kulit dapat berkembang juga suatu lipoma. Orang segala usia dapat terkena lipoma, tapi lebih sering pada orang dewasa.
 

Ciri Ciri dan Penyebab Lipoma

PENYEBAB
Penyebab lipoma tidak diketahui, ada kemungkinan disebabkan oleh faktor genetik.
Kadang, luka yang diakibatkan oleh benda tumpul bisa memicu tumbuhnya lipoma.
ada sedikit kemungkinan lipoma menjadi kangker bernama liposarcoma. Liposarcoma terus tumbuh dan biasanya menimbulkan rasa sakit.

GEJALA
Beberapa ciri lipoma:
a. benjolan dengan diameter 2-10 cm
b. terasa empuk dan lembut serta mudah dipindahkan dengan jari
c. sering berada di leher, lengan, dan batang tubuh. Tetapi bisa muncul dibagian tubuh manapun.

Biasanya orang-orang tidak menyadari bahwa mereka mengidap lipoma sampai benjolannya tumbuh besar dan terlihat. Sebagian besar lipoma tidak bergejala, tapi beberapa orang merasakan kesakitan (nyeri) akibat tekanan yang ditimbulkan.

PENANGANAN MEDIS
Biasanya lipoma tidak perlu diapa-apakan, dan berhenti tumbuh tanpa menyebabkan masalah. Ada beberapa cara mengatasi lipoma:
a. suntikan steroid
b. pembedahan (eksisi)
c. sedot lemak (liposuction)
Lipoma dibuang karena beberapa hal:
a. alasan kecantikan (merasa tidak nyaman)
b. jika bermasalah (mengganggu pergerakan, sakit, dll.)
c. untuk penelitian (terutama saat sudah menjadi liposarcoma)

Demikian mengenai Ciri Ciri dan Penyebab Lipoma, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ciri Ciri dan Penyebab Lipoma"

Posting Komentar