Bahaya Memakai Pembalut Wanita Terlalu Lama

Bahaya Memakai Pembalut Wanita Terlalu Lama - Saat sedang menstruasi para wanita pasnya menggunakan pembalut, tapi karena beberapa alasan banyak wanita yang jarang mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali. Biasanya mereka males untuk menggantik pembalut karena ribet makainya.

Ternyata menggunakan pembalut seharian dapat mengakibatkan penyakit yang tidak kita inginkan, karena bakteri sangat suka dengan darah dan tempat lembab.

Namun, kesibukan seringkali membuat wanita lupa mengganti pembalut sesering mungkin. Jika dibiarkan terus-menerus, kebiasaan ini pun berdampak buruk bagi area intim wanita.
 
Bahaya Memakai Pembalut Wanita Terlalu Lama


Mengenai kesehatan vagina, sebenarnya tidak ada masalah dengan pembalut wanita yang selama ini digunakan. Seperti dipaparkan dalam buku Menjadi Remaja Sehat karya Michael  F. Roizen, Mehmet C.Oz, M.D dan Ellen Rome, M.D sebenarnya jika digunakan dengan tepat, pembalut wanita merupakan produk yang aman dan nyaman digunakan.

“Kamu bisa berenang, menunggang kuda, berjalan, mendaki, dan melakukan setiap aktivitas tanpa takut ‘tembus’ asalkan kamu cukup sering menggantinya,” jelas para penulis.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa bahaya baru muncul  ketika sang pemakai tidak menggantinya dalam waktu lama.
 

Jika kalian menggunakan pembalut yang sama lebih dari enam jam, kalian berisiko mengalami bahaya yang mengancam jiwa, disebut toxic shock syndrome (sindrom TS). Jika itu terjadi, tubuh akan membuat racun dari bakteri vagina yang tumbuh subur pada pembalut, menyebabkan pelepasan racun secara besar-besaran yang menyerang tubuh dan menyebabkan syok, serta berpotensi mematikan. Oleh karenanya, gantilah pembalut sebelum tidur dan jangan membiarkannya selama berjam-jam. Idealnya, gantilah setiap tiga sampai empat jam.

Demikian mengenai Bahaya Memakai Pembalut Wanita Terlalu Lama, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya, khususnya para wanita.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

1 Response to "Bahaya Memakai Pembalut Wanita Terlalu Lama"