Bahaya Jatuh Posisi Terduduk

Bahaya Jatuh Posisi Terduduk - Jatuh, pasti semua orang pernah mengalami kejadian ini, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Dan biasanya saat jatuh hanya meninggalkan rasa sakit yang sedikit, inilah yang membuat banyak orang mengabaikan dampak dari jatuh itu sendiri.

Jika kita terjatuh dengan cara yang tidak benar maka bisa mengakibatkan cidera yang serius, dan beberapa posisi jatuh yang sangat amat bahaya. Salah satunya adalah terjatuh dengan posisi terduduk.

Jatuh dalam posisi terduduk bisa sangat membahayakan karena bisa mengalami cedera pada tulang ekor yang terhubung dengan saraf di tulang belakang.

Tulang ekor (coccyx) merupakan salah satu tulang terkecil dalam tubuh, tetapi bisa menyebabkan sakit yang luar biasa dan masalah kesehatan serius bila mengalami cedera pada saat terjatuh.


Bahaya Jatuh Posisi Terduduk


Nah, berikut adalah beberapa bahaya terjatuh posisi terduduk, seperti yang dilansir dari webmd dan coccyx.org.
  • Sakit saat atau setelah duduk
  • Sakit akut ketika bergerak dari duduk ke berdiri
  • Sakit kepala parah
  • Nyeri di seluruh tubuh terutama pinggang dan panggul
  • Nyeri di daerah tulang ekor yang tidak mereda dalam jangka waktu lama (coccygodynia)
  • Mengalami masalah pencernaan kronis, terutama sembelit.
  • Kram hebat saat menstruasi
  • Depresi dan susah tidur
  • Sakit saat melakukan hubungan seksual

Selain terjatuh dalam posisi duduk, cedera tulang ekor juga bisa terjadi karena kondisi berikut:

  • Posisi duduk yang salah
  • Pukulan langsung ke tulang belakang,
  • Terluka atau patah tulang ekor saat persalinan
  • Tegang atau gesekan berulang-ulang seperti gerakan pada mendayung dan bersepeda
  • Infeksi atau tumor pada tulang ekor
Demikian mengenai Bahaya Jatuh Posisi Terduduk, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

7 Responses to "Bahaya Jatuh Posisi Terduduk"

  1. Siang dok
    Maaf sebelumnya dok.saya irt usia 35 tahun.dulu waktu saya muda usia 17 tahun at au tepatnya tahun 1997 saya pernah terjatuh dari tangga setinggi 2,5m. dengan jatuh dengan posisi terduduk diatas lantai.saat itu semuanya terasa sakit.saya berusaha bangun dengan berpegangan pada dinding.tidak lama setelah itu ibu saya mengantarkan saya ke tukang urut karena saya takut ke dokter..kata tukang urut nya tulang pada kedua pantat saya terlepas tapi udah di benar kan nya ke posisi semula.sehari setelah diurut saya hanya rebahan ditempat tidur karena pinggang saya semua terasa sakit..besoknya saya mulai belajar berjalan (seperti anak kecil belajar berjalan)…tidak sampai 2 minggu saya sdh merasa baikan dan sdh bisa loncat2.tp sekitar umur 25 thn saya mulai merasakan nyeri nyeri di pinggang saya sampai ke kaki..tp itu tidak lama..setelah seminggu hilang..tp semenjak itu nyeri itu sering datang dok..pernah saya ke dokter sekitar 3/4 thn yg lalu..saya ceritakan semua ke dokter..kata dokter coba bawa pisiotherapy..pernah saya coba tp sebentar datang lagi nyerinya…nyeri itu datang hilang..dok baru sekitar sebulan kemaren saya masuk rumah sakit (9 des 15)..karena badan saya terasa lemas dan dada saya berdegup kencang tangan dan kaki kesemutan..tp waktu Rs cek jantung mereka katakan semua normal…kemudian cek darah kolestrol,asam urat hingga gula darah semua normal..baru mereka dapat hasilnya katanya saya kekurangan kalium, natrium.kalium saya cuma 2,8..natrium saya 3,5.saya sempat 5 hari diopname dirumah sakit..setelah keluar dr Rs pinggang saya mulai sakit lagi dok (nyeri)..tangan dan kaki terasa agak keram dan kesemutan(agak lemas dan panas)..lutut saya nyeri..tangan gemetaran..saya takut dok..apa saya bisa mengalami kelumpuhan..saya selalu memikirkan anak saya yg masih kecil2..apa yg harus saya lakukan dok.apakah saya masih bisa sembuh dok..
    Terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu hanya efek traumatis, coba konsultasi ke dokter sekali lagi. Ceritakan apa yang anda alami, biar dokter bisa manarik kesimpulan..

      Terima kasih

      Hapus
  2. Dok, apakah jika jatuh terduduk dan pukulan langsung ke tulang ekor dapat menyebabkan kemandulan pada pria ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyebab Mandul pada pria :
      Junk food
      Kebiasaan merokok
      Menggunakan celana ketat
      Obesitas
      Penggunaan obat anti depresan berlebihan.

      Jatuh terduduk tidak menyebabkan kemandulan pada pria

      Untuk mengetahui lebih jelasnya segera periksakan ke dokter terdekat Anda, agar bisa cepat di analis

      Hapus
  3. Penyebab Mandul pada pria :
    Junk food
    Kebiasaan merokok
    Menggunakan celana ketat
    Obesitas
    Penggunaan obat anti depresan berlebihan.

    Jatuh terduduk tidak menyebabkan kemandulan pada pria

    Untuk mengetahui lebih jelasnya segera periksakan ke dokter terdekat Anda, agar bisa cepat di analis

    BalasHapus
  4. Dok baru tadi saya jatuh terduduk, tapi ini perut sebelah kanan saya agak nyeri, itu kenapa ya dok??
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk lebih mendetil analisisnya, lebih baik segera periksakan ke dokter terdekat, supaya bisa mendapatkan penanganan dari dokter jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan

      Hapus