Tanda-Tanda Remaja Mengalami Stres

Tanda-Tanda Remaja Mengalami Stres
Tanda-Tanda Remaja Mengalami Stres - Masa remaja adalah masa yang paling labil, masa transisi dari anak-anak ke dewasa. Pada masa ini, emaja akan mengalamai berbagai dinamika dalam kehidupanan yang sering kali menimbulkan tekanan psikologis yang bisa berujung pada stres. Adakah tanda stres pada remaja yang bisa dikenali?

Berdasarkan eksperimen terhadap hewan percobaan, stres di masa remaja memicu reaksi yang lebih lama. Jika tidak ditangani dengan benar, maka remaja dapat terjerat stres yang menghambat aktivitas dan tumbuh kembang mereka.

Beberapa perubahan perilaku remaja yang sedang mengalami stres, misalnya ia tidak mau terlibat dalam kegiatan bersama temannya, lebih cemas dari biasanya, dan tidur lebih sedikir atau lebih banyak dari biasanya. Selain itu, mereka mulai mengonsumsi produk berkafein lebih banyak dari biasanya dan berperilaku lebih agresif.

Selain perubahan perilaku yang terlihat, seseorang dengan gangguan stres juga bisa mengalami perubahan emosi seperti lebih cepat marah, mudah merasa sedih, lebih sulit bersantai, dan emosinya fluktuatif.

Disamping itu, seseorang yang sedang stres juga akan mengalami perubahan fisik. Mulai dari merasa tidak lapar, berat badan menurun dan sering merasa panik.

Mengatasi Stres Sejak Dini

Anda merasakan keluhan sepeti di atas? Atau mengenalinya pada beberapa remaja di sekitar Anda? Jika iya, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi bentuk pertolongan pertama yang bisa dilakukan:

1. Anjurkna mereka untuk membicarakan masalah yang sedang diihdapi pada orang yang dapat di percaya. Baik dari teman maupun dari keluarga.

2. Mintalah agar mereka menghilangkan berbagai pikiran yang tidak bermanfaat dan membebani. Ajak untuk berpikir secara positif dan menghilangkan  prasangka buruk.

3. Sarankan untuk mencata permasalah apapun yang mereka hadapai dan anjurkan untuk membuat daftar penyelesaian yang dapat dilakukan.

4. Ajak untuk melakukan aktibitas fisik seperti olahraga dan aktivitas sosial yang mengalihkan pikiran. Hubungan sosial yang baik dapat megurangi keadaan stress.

Mengenali gejala stres pada remaja sedini mungkin akan sangat membantu teratasinya masalah tersebut. Jangan biarkan tingkat stres mengganggiu kehidupan serta merrusak masa depan mereka.

Demikian mengenai Tanda-Tanda Remaja Mengalami Stres, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tanda-Tanda Remaja Mengalami Stres"

Posting Komentar