Sakit Hati Karena Sering Stres

Sakit Hati Karena Sering Stres
Sakit Hati Karena Sering Stres - Setiap orang pernah mengalami yang namanya stres, karena beberapa masalah. Terkadang oranga terlalu berlarut-larut dalam menghadapi masalah hingga berujung pada stres. Padahal jika kita terus menerus dalam kondisi stres, maka hal ini tidak baik dengan tubuh kita, salah satu organ yang bisa berdampak buruk adalah hati.

Saat Anda mengalami stres, maka tubuh akan melepaskan senyawa kimia yang dapat memicu peradangan di organ-organn tubuh, termasuk organ hati. Peradangan bekepanjangan yang tidak segera ditangani akan menurunkan kinerja hati. Bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerusakan secara permanen.

Berbagai penelitian dilakukan untuk membktikan hal tersebut. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh University of Edinburgh, dimana para peneliti menemukan hubungan antara kondisi psikis seseorang dengan kesehatan hati.

Penelitian yang melibatkan 165.000 responden inin membuktikan bahwa mereka yang memiliki tingkat stres tinggi cenderung berpotensi menderita penyakiy hati mematikan di usia lanjut.

Lalu bagaimana stres bisa sangat memengaruhi organ hati di tubuh Anda? Seperti inilah kenapa stres bisa merusak organ hati:

- Stres bisa memperburuk keadaan seseorang dengan infeksi virus hepatitis C
- Stres meninkatkan keparahan gangguan hati pada orang yang dengan infeksi virus hepatitis B.
- Stres psikis akan melipatgandakan reaksi peradangan pada seseorang yang memilik kerusakan hati permanen atau sirosis.
- Stres akan mengganggu kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak memengaruhi DNA dan meningkatkan riisiko kanker hati.

Seluruh pernyataan tersebut bedasar penelitian tahunan yang dilakukan pada sejumlah besar orang. Terbukti, kondisi alam bawah sadar sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda sendiri.

Tidak ada kata terlambat untuk mencegah kerusakan hati akibat stres yang Anda alami. Kalau begitu apa yang bisa dilakukan saat masalah dan stres menyerang Anda? Berbagi adalah salah satu kunci utamanya. Utaranya apa yang Anda rasakan pada orang-orang terdekat. Selain itu, bila sudah mengganggu keseharian dan sulit tertangani, konsultasikan apa yang Anda rasakan pada dokter psikiatri.

Kenali tanda-tanda tubuh Anda jika ada sesuatu yang terjadi, termasuk saat ada masalah. Jadi, bebaskan diri Anda dari stres kalau tak mau sakit hati.

Demikian mengenai Sakit Hati Karena Sering Stres, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalia semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Sakit Hati Karena Sering Stres"

Posting Komentar