Tanda Kulit Mengalami Stres dan Tips Menanganinya

Tanda Kulit Mengalami Stres dan Tips Menanganinya - Aktifitas sehari-hari terkadang membuat kita mudah mengalami stres. Tanpa di sadari, ternyata stres tidak hanya berdampak terhadap kondisi fisik dan mental namun dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita, alhasil membuat penampilan menjadi tidak prima. Di saat kita mengalami stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang namanya Kortisol yang dapat mengakibatkan perlambatan perbaikan pada struktur kulit serta menghambat pertumbuhan kolagen serta sel tubuh kita.
 

Ada beberapa tanda-tanda yang bisa di amati pada kulit di saat kita mengalami stres serta tips sederhana menanganinya :
 

Kulit Kusam, merupakan akibat dari regenerasi kulit yang tidak optimal sehingga kulit terlihat kusam, biasanya diperlukan perawatan yang lebih mendalam.
 

Tips :

  • Pilih sabun pembersih yang mengandung glicolic untuk mengangkat sel kulit mati
  • Konsumsi suplemen kulit seperti vit E untuk memberi nutrisi pada kulit
  • Kurangi konsumsi cepat saji dan perbanyak minum air putih.
  • Biasakan mengaplikasikan krim malam secara rutin
  • Segera perhatikan jam istirahat kamu.

Kulit kering, apabila kita mengalami stres dalam jangka waktu yang lama tentunya akan meningkatkan kadar hormon kortisol yang bisa merusak kemampuan kulit untuk menahan air, akibatnya kulit akan kehilangan kelembabannya dan menjadi kering. Stres juga menyebabkan peredaran darah menjadi abnormal, kadang sedikit atau terlalu banyak, sehingga mengakibatkan kulit terlihat pucat, kemerahan dan kering.
 

Tips :

Untuk perawatan wajah pilihlah produk yang mengandung hypoalergenic dan ber PH rendah.

Kulit berminyak berlebihan, selain hormon kortisol, disaat stres produksi hormon testoteran umumnya meningkat sehingga kulit akan memproduksi minyak secara berlebihan.
 

Tips :
 

Gunakan produk kecantikan yang tidak mengandung minyak
Sebaiknya tidak menggunakan toner yang mengandung alcohol
Rutin membersihkan wajah dengan sabun khusus kulit berminyak.
 

Kulit Sensitif, lapisan kulit epidermis yang mengandung pelembab dan mengalami penghambatan seiring dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh akibatnya kulit menjadi rentan terhadap polusi, mudah alergi dan tidak tahan terhadap bahan kimia tertentu yang terdapat pada produk-produk kosmetik

Tips :
 

Gunakan jenis produk kecantikan yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif yang mengandung aloe vera atau chamomile

Berjerawat, stres dapat meningkatkan peradangan yang menyebabkan folikel rambut pada kulit tersumbat dan terjadilah jerawat. Produksi minyak pada kulit yang berlebih juga dapat menyumbat pori-pori dan memudahkannya terserang bakteri sehingga muncul jerawat.

Tips :
 

  • Pilih produk-produk perawatan wajah yang mengandung asam salsilat yang berfungsi untuk membantu pengelupasan dan bonzoil peroksida untuk membunuh bakteri
  • Untuk pelembab, gunakan yang mengandung comedogenic
  • Lakukan masker wajah yang bersifat mendinginkan kulit
  • Jangan melakukan scrub pada wajah
  • Oleskan obat jerawat
  • Cobalah menggunakan krim wajah yang mengandung retinol dan antioksidan untuk memicu produksi kolagen.
  • Untuk mengurangi lingkaran hitam, kompres mata dengan menggunakan potongan mentimun, atau kentang selama 10 menit.
  • Sementara untuk memperlancar peredaran darah pada mata, kompres mata dengan menggunakan es batu dan usapkan di sekeliling mata
  
Tanda Kulit Mengalami Stres dan Tips Menanganinya


Kerutan halus, hormon kortisol juga dapat menghambat kolagen dan mengikat protein serat yang dibutuhkan kulit untuk membuat kulit kenyal dan lembut. Bahkan juga meningkatkan kadar gula dalam darah, yang bisa merusak kolagen dan elastin sehingga mempercepat timbulnya kerutan halus pada permukaan kulit. Stres yang membuat ketegangan otot pada wajah juga bisa membuat kerut-kerut menetap.
 

Tips :
  • Mata lelah, rasa cemas yang berlebih bisa membuat mata sulit terpejam pada waktu malam hari. Akibatnya, mata menjadi bengkak, terlihat lelah dan kuyu ketika Anda terbangun keesokan paginya.
Tips :
  • Untuk mengurangi lingkaran hitam, kompres mata dengan menggunakan potongan mentimun, atau kentang selama 10 menit.
  • Sementara untuk memperlancar peredaran darah pada mata, kompres mata dengan menggunakan es batu dan usapkan di sekeliling mata
Demikian mengenai Tanda Kulit Mengalami Stres dan Tips Menanganinya, semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tanda Kulit Mengalami Stres dan Tips Menanganinya"

Posting Komentar