Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Cara Mencegah Penyakit Hepatitis - Apa itu Hepatitis? Hepatitis adalah penyakit infeksi yang menyerang organ hati(liver) yang disebabkan oleh virus hepatitis. Dan beberapa jenis hepatitis, ada hepatitis A, B, C, D dan E. Tapi kebanyakan yang ditemukan dimasyarakat adalah hepatitis A, B dan C.

Penyakit ini memberikan dampak yang bervariasi, tergantung dari jenisnya, pada setiap individu. Dampak yang disebabkan hepatitis bisa yang ringa, berat, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Tidak hanya tergantung dari jenis virus yang menyerang, kekebalan tubuh masing-masing individu juga sangat menetukan tingkat keparahan penyakit ini. Artinya, walaupun virus yang menyerang sama, namun efeknya berbeda-beda.
Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Apakah paparan virus hepatitis bisa lansung menyebabkan penyakit?
Tidak. Pasalnya, banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, Salah satunya adalah faktor kekebalan tubuh, yang juga menentukan sebarap parah virus tersebut dapat menyebabkan penyakit.

Kekebalan tubuh di bagi menjadi dua bagian, kekebalan tubuh aktif dan pasif. Kekebalan ubuh aktif seperti tentara yang di prouksi oleh tubuh untuk mencegah virus yang menyerang tubuh kita.

Sebaliknya, kekebalan tubuh pasif adalah tentara untuk melawan virus yang berasalah dari luar tubuh. Kekebalan tubuh pasif ini di ibaratkan vaksinasi.

Sebenarnya, seberapa penting peran vaksinasi untuk virus hepatitis?
Sangat penting. Dua jenis vaksin hepatitis, yaitu vaksin hepatitis A dan B terbukti sangat efektif melindungi tubuh dari ancaman virus ini. World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa vaksin hepatitis B terbukti 95% efektif mencegah infeksi dan perkembangan hepatitis menjadi penyakit kronis dan kanker hati. Vaksin hepatitis B diberikan sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 6 bulan untuk melindungi tubuh selama 20 tahun ke depan.

Perlindungan jangka panjang juga turut diberikan oleh vaksin hepatitis A. Pada orang dewasa, vaksin hepatitis A dapat melindungi setidaknya 25 tahun ke depan. Sedangkan pada anak-anak, vaksin hepatitis A akan memberikan perlindungan selama 14-20 tahun ke depan.

Walaupun belum semua jenis hepatitis tersedia vaksinnya, namun setidaknya dengan adanya vaksin hepatitis A dan B Anda dapat mencegah diri dan keluarga dari berbagai risiko yang dapat ditimbulkan oleh virus tersebut.


Perlu diketahui, para keadaan yang cukup parah, hepatitis A dapat menyebabkan gagal hati. Begitu pula dengan hepatitis B, yang dapat mengakibatkan kerusakan hati hingga berujung pada kanker sampai dengan kematian.

Demikian mengenai Cara Mencegah Penyakit Hepatitis, semmoga postingan kali ini bisa bermafaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mencegah Penyakit Hepatitis"

Posting Komentar