Kacang Penyebab Jerawat?

Kacang Penyebab Jerawat?
Kacang Penyebab Jerawat? - Kacang tanah selalu di identikan dengan jerawat. Kenapa ya ? banyak mitos mengatakan kalau banyak makan makanan dari kacang tanah seperti kacang bawang, kacang kulit dan lain – lain bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Benarkah mitos tersebut ? lalu mengapa bisa demikian ? biar lebih jelas dan menghilangkan keraguan maka rasanya perlu kita ulas secara detail mengenai si kacang ini.

Kacang tanah atau bahasa ilmiahnya Arachis hypogaea L merupakan tanaman polong-polongan atau legum dari famili Fabaceae. Kacang ini banyak dibudidayakan di Indonesia, dan merupakan kacang terpenting kedua setelah kacang kedelai. Di beberapa daerah di Indonesia, kacang tanah memiliki beberapa sebutan, di antaranya : kacang una, kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, dan masih banyak lagi. Kacang ini memiliki ciri fisik tanaman berupa tanaman perdu setinggi 30 hingga 50 cm dan berdaun kecil.

Kandungan di dalam Kacang Tanah

Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.

Kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resoki penyakit jantung koroner. Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat ( Sumber : Wikipedia ).

Lalu bagaimana mengenai mitos bahwa kacang bisa picu jerawat ?

Berikut penjelasannya..

Sebuah riset dari American Academy of Dermatology untuk urusan kecantikan kulit menyatakan hal yang bertolak belakang dari mitos tersebut. Mereka berpendapat bahwa jerawat tidak disebabkan oleh coklat, ice cream, ataupun makanan seperti kacang.

Colorado State University Department of Health and Exercise menyarankan untuk mengurangi gula dan makanan yang kadar karbohidratnya tinggi. Institusi tersebut telah meneliti sekitar 1300 orang penduduk pulau Kitivan di Papua New Guinea yang puasa makanan manis serta makanan berkarbohidrat. Sehari-harinya mereka hanya makan ikan, buah, dan daging yang dimasak secara tradisional. Hasilnya tidak ada satu jerawat pun yang bertengger di wajah mereka.

Jadi, kesimpulannya kacang tidak menimbulkan jerawat justru makanan yang manis dan berkarbohidrat tinggi yang bisa picu jerawat. Untuk itu baiknya kita rutin mengkonsumsi kacang karena kandungan gizinya yang banyak dan terbukti memliki banyak khasiat..

Akan tetapi walaupun kacang tanah mengandung kandungan gizi yang banyak dan lengkap, akan tetapi untuk orang yang memiliki penyakit kanker payudara dihimbau untuk tidak mengkonsumsinya.


Demikian informasi mengenai Kacang Penyebab Jerawat?, semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

source:http://www.ibudanbalita.com
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Kacang Penyebab Jerawat?"

Posting Komentar