Pertolongan Pertama Pada Cedera

p3 cedera
Pertolongan Pertama Pada Cedera - Saat beraktivitas, setiap orang berpeluang mengalami cedera apabila tidak berhati-hati. Contohnya saja keselo, cedera yang terjadi pada persendian ketika ligamen tertarik atau menerima trauma yang melebihi kemampuannya sehingga menimbulkan rasa sakit. Nah! Apa yang harus dilakukan saat seseorang mengalami cedera seperti keseleo?

Dalam penanganan pertama keselo, strain dan sprain kita bisa menggunakan prinsip RICE NO HARM,

P(protection)  = Proteksi atau pelindungan adalah kondisi dimana atlet harus melindungi daerah cedera dari gangguan yang bisa memparah cedera.

R(rest)              = Istirahat merupakan kondisi tidak melakukan aktifitas apapun untuk daerah yang cedera, ini penting untuk kelangsungan daerah yang cedera.

I(ice)                 = Es berfungsi untuk mengurangi pembengkakakn atau odema. Caranya gunakan kompres es selama 3-5 menit setiap sekali kompres atau hentikan pada saat kulit terasa kesemutan dan dilakukan setiap tiga jam sekali selama dua hari full atau saat pembengkakan berkurang.

C(compression) = Compress berguna untuk menghentikan aliran darah yang berlebih pada saat cedera serta mengurangi cedera.

Elevasi             = Elevasi ini adalah kondisi dimana daerah cedera harus lebih tinggi dari jantung, ini berfungsi untuk mengurangi aliran darah didaerah cedera dan juga untuk mengurangi pembengkakan.

Itu merupakan penanganan dalam cedera olahraga, adapun hal-hal yang tidak dibenarkan dalam menangani cedera yang baru, yang itu kita tidak boleh melakukan HARM, yaitu:

Heat                   = Hal yang panas-panas tidak disarankan melakukannya, karena ini akan meningkatkan aliran darah ke daerah cedera sehingga mengakibatkan pembengkakan yang parah.

Alkohol             = Meminum atau merendam daerah cedera dengan alkohol maka akan memperparah daerah cedera dan pembengkakan akan bertambah.

Running            = Jangan memcoba berlatih pada saat cedera, kondisi seperti ini akan memperparah cedera.

Massage            = Mindset pertama seorang atlet di Indonesia pada saat terkena cedera.

Cedera dibawa tukang urut atau pijet. Ini merupakan penanganan yang sangat tidak dianjurkan karena pijet pada cedera yang baru akan merusak jaringan yang sudah cedera dan ini akan memperparah cedera. Penyembuhannya pun tidak akan maksimal. 


Demikian mengenai Pertolongan Pertama Pada Cedera, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Pertolongan Pertama Pada Cedera"

Posting Komentar