Cara Meningkatkan Trombosit

Cara Meningkatkan Trombosit - Jika jumlah trombosit darah Anda rendah, Anda mungkin akan beresiko jika memiliki luka di kulit. Trombosit adalah sel kecil yang membantu untuk membentuk pembekuan dalam darah, yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan. Jumlah trombosit normal adalah antara 150.000 hingga 450.000 unit per milimeter kubik darah. Jika Anda memiliki cukup banyak trombosit maka resiko pendarahan menjadi rendah. Meskipun saat ini sudah banyak pil dan obat yang dapat diminum untuk menaikkan trombosit darah, Anda juga dapat belajar bagaimana meningkatkan kadar trombosit secara alami.

Gejala ketika seseorang dikatakan terjangkit penyakit demam berdarah adalah ketika trombositnya terlalu sedikit. Maka dari itu kali ini saya akan share bagaimana menaikan trombosit secara alami, langsung aja kalau begitu, cekidot :

Cara Meningkatkan Trombosit


Apa sih trombosit itu?

Trombosit adalah bagian darah yang berperan dalam proses pembekuan darah, bentuk trombosit tidak beraturan, tidak berinti sel, dan berukuran kecil. Garis tengahnya hanya sekitar 2-4 µm. Jumlah trombosit dalam 1 mm3 darah sehat kira-kira ada 250.000.trombosit

Terus, apa fungsi trombosit itu?

Seperti di atas, fungsi trombosit yang utama adalah membekukan darah sehingga tidak banyak darah yang terbuang percuma saat terjadi pendarahan. Itu sebabnya, ketika demam berdarah sudah parah, darah bisa mengalir keluar melewati pori-pori kulit, karena trombositnya tidak cukup untuk membekukan darah.

Selain itu, sebuah penelitian di University of Munich, mengungkapkan bahwa trombosit juga berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Kog bisa?

Jadi begini, pada saat terjadi luka, trombosit akan berkumpul pada luka dan membeku sehingga luka tersebut bisa menutup. Kemudian, trombosit tersebut mengarahkan bakteri ke limpa. Selanjutnya, bakteri tersebut ‘dikepung’ oleh sel-sel dendritik yang berfungsi sebagai sel daya tahan tubuh. Nah, dengan begitu, bakteri bisa dibunuh.

Ok, sekarang kita kembali ke topik utama posting ini. Makanan yang bisa meningkatkan trombosit darah.

Untuk menaikkan trombosit darah, kita bisa meminum jus buah bit dan jus jambu biji merah 3-4 kali sehari, ditambah dengan makan nasi 3-4 kali sehari juga, serta perbanyak memakan buah-buahan.

Makanan untuk menaikkan trombosit:

Jus Kurma
Jus jambu biji merah
Jus Kulit Manggis


Removit - Minuman serbuk dalam sachet yang merupakan gabungan dari minuman elektrolit, angkak dan jambu merah banyak tersedia di apotik

Buah bit

Cara mengolah buah bit sangat mudah sekali dan tanpa tambahan apa apa lagi, yaitu ambilah satu buah bit segar sebesar kepalan tangan untuk dibersihkan, kemudian dikupas lalu dipotong hingga menjadi beberapa bagian lalu di blender bersama dua gelas air putih.

Setelah di blender kemudian disaring dan siap untuk diminum sebanyak satu gelas sedang sisanya boleh disimpan di kulkas untuk diminum kemudian. Bagi mereka yang sulit untuk meminumnya karena buah bit ini memiliki aroma yang khas, maka bisa hanya dipotong menjadi beberapa bagian lalu dikukus dan dimakan seperti memakan ubi rebus, namun khasiat dan efeksitasnya lebih baik yang dibuat jus daripada yang dikukus.


Demikian mengenai Cara Meningkatkan Trombosit, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

2 Responses to "Cara Meningkatkan Trombosit"

  1. Hi Dr. Oz,

    thx untuk artikelnya.

    saya mo tanya, klo trombositny kelebihan (diatas rata2) bagaimana cara utk menurunkannya? (ada makanan apa yang yg dpt menurunkan trombosit)

    Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan buah delima untuk mendapatkan efek antitrombositnya

      Konsumsi hidangan laut yang kaya omega-3 untuk menghambat produksi trombosit.

      Konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung salisilat, suatu senyawa pengencer darah.

      Tambahkan kayu manis pada masakan Anda untuk mengurangi agregasi trombosit.

      Berhentilah merokok untuk mencegah penggumpalan darah.

      Minum kopi untuk memperoleh efek antitrombositnya.

      Hapus