8 Tips Tetap Sehat Mengonsumsi Daging Qurban

8 Tips Tetap Sehat Mengonsumsi Daging Qurban
8 Tips Tetap Sehat Mengonsumsi Daging Qurban - Dalam beberapa hari Idul Adha akan segara datang. Dan pastinya bagi umat muslim akan mendapatkan daging sebelihan, entah itu dagng kambing ataupun daging sapi.

Namun perayaan ini dimaknai dengan perilaku yang berlebihan, makan daging berlebihan tak baik untuk kesehatan. Karena daging kambing juga daging merah lainnya, misalnya daging sapi juga menganduung lemak yang tinggi.

Selain lemak, daging kambing juga mengandung protein hewani, yakni protein yang dibutuhkan untuk menggantikan sel-sel yang sudah rusak dan sebagai zat pembangun.

Daging sapi dan daging kambing juga akan menjadi satapan utama pada hari raya kurban, mengandung zat gizi yang memang kita butuhkan, tapi kalau mengonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

 Nah, berikut adalah 8 Tips Tetap Sehat Mengonsumsi Daging Kurban :

1. Imbangi Makan Buah dan Sayur

Usahkan saat memasak daging kurban di imbnagi juga dengan makan sayuran dan buah-buahan yang banyak untuk menghindari kolestrol yang menumpuk karena makan daging terus menerus.

2. Sebaiknya di Sate atau di Sop

Nah, saat ingin memasak daging qurba, sebaiknya disate atau disop saja, karena itu lebih sehat. Kenapa tidak di ajnrukan digulai? Karena gulai saat memasak dengan menggunakan santan yang akan menambah kolestrol semakin tinggi.

3. Makan Daging Jangan Berlebihan

Saat makan daging sapi dan kambing jangan berlebihan dalam waktu singkat, lebih baik beri jarak yang cukup jauh untuk makan.

4. Jangan Makan Daging Sebelum Tidur

Jangan makan daging atau apa saja sebelum tidur, setidaknya 2-3 jam sebelum berangkat untuk tidur.

5. Kurangi Makanan Lemak Lain

Saat sedang makan daging kurba, usahakan jangan makan makanan yang mengandung lemak, seperti cokelat dan keju selama mengonsumsi banyak makan daging.

6. Tidak Minum Berkalori Tinggi

Sebaiknya sehabis makan dengan daging kambing atau daging sapi tidak mengonsumsi minuman yang memiliki berkalori tinggi seprti teh atau sirup.

7. Minum Air yang Banyak

Nah, biasany asaat hari raya qurban seperti ini kita cenderung hampir setiap hari makan makanan yang berdaging. Nah, jika kita kekurangan air maka kita akan sembelit, untuk mencegah sembelit sebaiknya minumlah 8-10 gelas sehari untuk mengcegah sembelit.

8. Melakukan Olahraga Ringan

Mentang-mentang dapat daging banyak terus tidak mau olahraga. Usahakan tetap olahraga walaupun ringan selama Hari Raya Idul Adha.

Jadi jangan lupa jaga kesehatan selama idul adha, karena kesehatan tetap nomor satu, jangan kalapa makan daging saat ada banyak daging, usahakan makan secukupnya.

Kami dari blog Dr Oz Indonesia mengucapkan Selamat Hari raya Idul Adha untuk yang merayakannya.

Demikian mengenai 8 Tips Tetap Sehat Mengonsumsi Daging Qurban, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "8 Tips Tetap Sehat Mengonsumsi Daging Qurban"

Posting Komentar