Solusi Mengatasi Kutu Rambut

Solusi Mengatasi Kutu Rambut - Banyak orang menyebut bahwa rambut adalah mahkota bagi manusia, karena dengan rambut yang kita menjadi tambah cantik. coba bayangkan, kalau kita enggak punya rambut.

Tapi, yang menjadi permasalahanya adalah, saat rambut kita terdapat kutu. Rasanya enggak nyaman banget. Kepala menjadi gatal dan kita sering menggaruk kepala untuk menghilangkan gatal tersebut. Hewan penghisap darah ini juga sangat cepat sekali dalam bertelur, biasanya kutu betina bisa bertelur 5-6 butir sehari dan akan menetas setelah delapan hari lamanya.

Bayangkan, kalau kita enggak merawat mahkota kita, apa yang akan terjadi? Pasti banyak kutu berkeliaran dirambut kalian. Tapi tenang saja, jika kalian terkena kutu rambut, maka yang perlu dilakukan adalah membeli shampo khusus penghilang kutu, taua dengan cara alamai seperti dibawah ini :
 
Solusi Mengatasi Kutu Rambut


1. Menggunakan bawang merah
Cara pertama yang dapat anda coba yakni dengan menggunakan bawang merah. Adapun caranya yakni dengan membalurkan bawang merah yang sudah dihaluskan pada kepala anda, lakukan pula pemijatan secara perlahan. Setidaknya anda membutuhkan 5 siung bawang merah. Setelah itu diamkan selama 1-1,5 jam lalu bersihkan rambut dengan keramas menggunakan shampoo.

2. Jeruk nipis dan minyak kayu putih
Langkah pertama yakni campurkan air perasan jeruk nipis secukupnya dengan 4 sendok makan minyak kayu putih. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata kemudian balurkan pada kulit kepala serta rambut. Diamkan selama 2 jam, langkah terakhit yakni keramaslah dengan shampoo agar rambut bersih.

3. Minyak kelapa
Balurkan minyak kelapa secukupnya pada kulit kepala serta rambut anda, setelah itu tutuplah rambut anda menggunakan shower-cap atau plastik topi mandi. Diamkan selama 6-8 jam setelah itu bilas dengan air hangat dulu, lalu keramas seperti biasanya.


4. Cuka putih
Telur kutu rambut dapat dilepaskan dengan mudah menggunakan cuka putih. Selain itu bahan alami yang satu ini juga mampu menggagalkan penetasan. Cara menggunakannya cukup membalurkan cuka putih secukupnya pada kulit kepala serta rambut anda. Setelah itu diamkan selama 2 jam dan keramaslah untuk membersihkan rambut.

5. Sisir serit atau sisir bergigi rapat

Sisir ini merupakan salah satu alat yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan kutu serta telurnya. Anda dapat mendapatkan sisir serit di toko peralatan rambut ataupun pasar-pasar tradisional. Namun sebelum dan sesudah menggunakannya pastikan dalam keadaan bersih, jangan sampai ada kutu yang tertinggal di sisir tersebut.

Tips agar terhindar dari kutu rambut
 

  • Jangan tidur dengan orang yang positif mempunyai kutu rambut karena kutu tersebut dapat berpindah ke rambut anda.
  • Jika ada keluarga maupun teman yang merasa gatal dan rambutnya terdapat butiran putih segera periksa, bisa jadi itu telur kutu. Segera lakukan beberapa cara diatas untuk membasminya.
  • Cobalah untuk tidak berbagi benda yang berkaitan dengan rambut seperti sisir, jilbab, topi, handuk, dan benda lainnya. Karena kutu rambut dapat dengan mudah berpindah ke kepala anda melalui benda tersebut.
  • Selalu rawat kesehatan dan kebersihan kulit kepala serta rambut anda.
Demikian mengenai Solusi Mengatasi Kutu Rambut, semoga postingan kali ini bisa bermanfaatt buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Solusi Mengatasi Kutu Rambut"

Posting Komentar