Tips Menghindari Mainan Berbahaya pada Anak

Tips Menghindari  Mainan Berbahaya pada Anak - Tidak semua mainan baik untuk anak, karena itu sebaiknya anda mengenali mainan apa saja yang sebaiknya dijauhkan dari anak. Sekarang semakin banyak produsen mainan yang menjual mainan anak. Peminat mainan anak semakin banyak, karena itu produsen mainan menciptakan berbagai macam mainan, seperti mainan khusus laki-laki, mainan khusus perempuan, mainan edukatif, mainan untuk merangsang motorik, mainan untuk merangsang kreatifitas dan sebagainya. Mainan memang sangat bermanfaat untuk bayi, namun jika anda salah memilih mainan untuk anak, akan sangat berbahaya pada keselamatan, kesehatan, dan perkembangan pertumbuhannya.
Mainan yang berbahaya bagi anak

Tips menghindari mainan berbahaya untuk anak yang pertama adalah dengan mengetahui apa saja mainan yang berbahaya bagi anak. Beberapa mainan berbahaya bagi anak adalah:

Mainan dengan bahan cat yang berbahaya. Beberapa mainan anak yang dijual dipasaran mengandung cat berbahaya. Hal ini harus diketahui para orang tua dan tidak membelikan anaknya mainan dengan cat berbahaya ini. Cat yang aman untuk anak biasanya adalah cat acrylic. Beberapa mainan dengan cat yang aman akan menuliskan label di belakang kemasan bahwa mainan itu menggunakan cat yang aman untuk anak. Anak sering sekali memasukkan mainannya kedalam mulut, seghingga memungkinkan cat untuk tertelan, ini sangat berbahaya untuk kesehatan anak anda.


Mainan yang tajam. Mainan yang tajam yang biasa dimainkan anak-anak adalah pensil. Pensil yang diraut dengan tajam mungkin sangat berbahaya. Anak sering sekali berlarian membawa mainannya. Jika anak berlari dengan pensil tajam di tangannya dikhawatirkan dia akan jatuh dan pensil itu menusuknya. Sebaiknya anda membelikannya krayon sampai dia mengerti benda apa saja yang berbahaya untuknya.


Tips Menghindari Mainan Berbahaya adalah dengan menjauhkannya dari mainan yang tidak sesuai dengan umurnya. Beberapa mainan diciptakan dengan umur tertentu, tidak semua umur dapat memainkan mainan tersebut, misalnya mainan bahasa Inggris. Anak yang belum terlalu lancar berbahasa Indonesia namun telah disuguhkan dengan CD atau kaset berbahasa lain, dia akan merasa bingung dengan bahasa yang harus dia gunakan, sehingga perkembangan bicaranya akan terhambat.
 

Tips Menghindari  Mainan Berbahaya pada Anak

Bagaimana cara menjauhkan anak dari mainan berbahaya?

Setelah anda mengetahui mainan apa saja yang berbahaya untuk anak anda, sebaiknya anda tidak membelikan mainan itu kepadanya. Jika anda melihat dia memainkannya, segera ambil dengan lembut dan jelaskan kepadanya bahwa mainan itu sangat berbahaya. Dalam memilih mainan, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal, yaitu bahan dan mainan yang sesuai dengan umur anak anda, sehingga anak anda mendapatkan mainan yang sesuai dan baik. Mainan yang berbahaya tidak hanya akan menganggu kesehatannya, namun juga bisa mengganggu perkembangan dan pertumbuhannya. Mainan berbahaya lain yang biasa dimainkan anak-aak adalah game boy, mainan ini bersifat aditif, sehingga anak akan selalu ingin memainkannya. Sebaiknya anda membatasi waktu anak untuk memainkannya. Tips Menghindari Mainan Berbahaya ini akan membantu anda untuk memberikan yang terbaik pada anak anda.

Demikian mengenai Tips Menghindari  Mainan Berbahaya pada Anak, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.

sumber: kompas.com
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Tips Menghindari Mainan Berbahaya pada Anak"

Posting Komentar