Penyebab Flek Hitam pada Wajah

Penyebab Flek Hitam pada Wajah - Flek hitam bagi sebagaian orang memang sangat menggangu penampilan, karena dengan adanya flek hitam, wajah menjadi tak mulus dan bersih karena ada flek yang ada di wajah.

Banyak orang mengira kalau flek hitam ada karena terpapar sinar matahari saja. Memang benar sih, kalau terlalu sering terpapar sinar matahari akan menimbulkan flek hitam, tapi tak hanya matahari saja lho, yang menyebabkan flek hitam.

Penyebab Flek Hitam pada Wajah


Nah, berikut adalah penyebab Flek Hitam pada Wajah :

1.Sinar Ultraviolet membahayakan kulit
Setiap kali kamu berjemur tanpa tabir surya, itu sebenarnya membiarkan kulit terkena sinar UVA dan UVB yang berbahaya bahkan saat berteduh kulit belum terlindung. Sinar UVA cukup kuat untuk menembus kaca yang berarti mengendarai mobil dalam kendaraan tertutup  masih beresiko terkena sinar UVA dari jendela

2.Kosmetika
Beragam kosmetik beredar di pasaran menjadi penyebab flek hitam di wajah terutama kosmetik yang mengandung parfum, zat pewarna atau bahan-bahan tertentu yang dapat menimbulkan fotosensitivitas, Fotosensitivitas adalah keadaan kosmetik yang dipakai menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Misalkan kita memakai blush on yang mengandung fotosensitivitas, sehingga daerah tersebut sering terkena sinar matahari membuat pipi muncul flek hitam.
Pemakaian parfum di hari yang bersinar cerah beresiko karena kebanyakan parfum mengandung photosensitizer yang dapat membuat kulit rentan terhadap sinar matahari sehingga mempercepat pigmentasi. Salah satu contohnya adalah Bergamot Oil, di mana terkandung dalam sepertiga dari seluruh parfum dan cologne di dunia. Kondisi unik ini disebut Berlock Dermatitis dan berkembang pada saat kulit terkena parfum ditambah sinar matahari

3.Polusi
Jika tinggal di kota metropolitan yang sibuk dan mengalami beberapa noda hitam di wajah, penyebabnya mungkin adalah polusi. Flek hitam terbentuk karena sel kita memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan kerusakan akibat bahan yang dapat mengiritasi kulit. Dengan  maraknya pencemaran di udara mengiritasi kulit setiap hari, sel kita tentu harus bekerja keras memperbaiki kerusakan

4.Jangan garuk meskipun gatal
Apabila kulit terasa gatal secara reflek pasti ingin menggaruknya tapi tindakan tersebut dapat mengiritasi dan merusak kulit sehingga kulit memproduksi melanin sebagai mekanisme pertahanan.  Menggaruk bekas gigitan nyamuk dapat memicu terbentuknya flek hitam. Noda tersebut biasanya pudar dalam tiga bulan. Namun jika terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, waktu pemulihan dapat berlangsung lebih lama sampai 2 tahun

5.Obat
Obat-obatan juga dapat memicu timbulnya pigmentasi atau flek di kulit. Jika seseorang menggunakan obat-obatan difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin, flek bisa muncul termasuk Pil KB memungkinkan menjadi penyebab flek hitam pada kulit. Alasannya bila dikonsumsi, pil tersebut akan memicu hormon yang diproduksi saat seorang wanita hamil dalam mempersiapkan tubuh untuk melahirkan. Hormon itu bertanggung jawab atas hiperpigmentasi, atau flek hitam yang terlihat pada kulit demikian pula dengan pemakaian pil kontrasepsi.

6.Hormon
Hormon telah jelas menjadi penyebab flek hitam di wajah.  Hormon estrogen, progesteron, dan MSH (Melanin Stimulating Hormone). Pigmentasi akibat hormonal terjadi pada ibu hamil biasanya terjadi pada trisemester ketiga.

7.Genetik

Pigmentasi juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan dan genetik. Hasil penelitian menunjukkan flek tampak karena faktor keluarga yang mempengaruhi sekitar 20 sampai 70 persen.




Nah, ada beberapa solusi menghilangkan flek hitam.

Demikian mengenai Penyebab Flek Hitam pada Wajah, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Penyebab Flek Hitam pada Wajah"

Posting Komentar