Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Batu

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Batu - Meniliki Jerawat memang bisa menggangu penampilan, apalagi jerawatnya adalah jerawat batu, bisa semakin enggak PD.
Jerawat Batu adalah jenis jerawat yang mempunyai ukuran lebih besar dari jerawat biasa, mempunyai warna agak hitam, dapat menimbulkan peradangan yang lumayan parah, dan sulit untuk disembuhkan. Jikapun sudah sembuh biasanya jerawat model ini akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan bahkan dapat dikatakan permanen. Selain itu jerawat ini juga bisa muncul dibagian wajah, jerawat batu juga bisa muncul dibagian tubuh lainnya seperti di hidung, wajah, dagu, punggung dan di dada.
Lalu apa penyebab terjadinya jerawat batu? Berikut adalah Penyebab Jerawat Batu yang dikutip dari ruangsehatku :

1. Faktor Genetik
Jerawat batu dapat disebabkan oleh faktor genetik (keturunan). Jadi jika sekarang kamu punya jerawat batu diwajah, kamu bisa tanyakan dulu ke ayah / ibu, apakah mereka pernah mempunyai jerawat batu diwajah? jika jawabannya ya, berarti besar kemungkinan penyebab jerawat batu kamu itu adalah karena faktor genetik atau keturunan.  

2. Bakteri
Pada kulit kita terdapat suatu bakteri yang dikenal dengan sebutan bakteri P.Acne. Bakteri tersebut biasanya berkembang pada kelenjar sebaceous yang tersumbat dan hal tersebut menghasilkan zat-zat yang dapat membuat kulit mengalami iritasi. Sehingga kelenjar tersebut akan terus membengkak bahkan pecah, yang pada akhirnya akan menyebarkan peradangan pada bagian permukaan kulit lainnya. 

3. Sel Kulit Mati
Peningkatan sel kulit mati yang bercampur dengan kotoran, debu, bakteri dan minyak akan menyebab penyumbatan pada pori-pori kulit yang akhirnya dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu.

4. Alergi
Jerawat batu kadang juga bisa disebabkan oleh alergi pada suatu makanan. Misal anda alerdi dengan telur, seafood dsb. Jika penyebab jerawat diwajah anda karena alersi, makan langkah tepat untuk mengatasinya yaitu menghindari konsumsi makanan tersebut. Jika belum bisa, minimal anda kurangi.

5. Sinar Ultra Violet
Sinar matahai mengandung sinar ultra violet yang bersifat anti bakteri. Namun paparan sinar ultra violet yang langsung mengenai kulit dalam waktu yang cukup lama, ternyata juga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, yang salah satunya adalah menyebabkan timbulnya jerawat batu

6. Tipe atau kualitas kulit
Jerawat batu biasanya menyerang seseorang yang memiliki jenis kulit yang memiliki minyak berlebih. Karena pada saat kulit memproduksi minyal berlebih, minyak tersebut akan mudah bercampur dengan bakteri, kotoran, debu yang bisa menyumbat pori-pori kulit.

7. Kebiasaan Buruk
Jerawat juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk anda, seperti malas menjaga kebersihan wajah dsb.
penyebab dan cara mengatasi jerawat batuTerus cara mengatasinya bagaimana? Berikut adalah beberapa Cara Mengatasi Jerawat Batu :

1.Membersihkan Kulit Wajah
Sebelum mencoba resep untuk menghilangkan jerawat batu, penting sekali untuk anda membersihkan terlebih dahulu bagian tubuh yang akan kita obati, misal jerawat batunya ada diwajah :
Sebelum mencuci wajah, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun hingga benar-benar bersih
Kemudian cuci muka dengan menggunakan air hangat
Lalu keringkan dengan kain / handuk bersih (jangan terlalu kering)

Resep untuk Mengatasi Jerawat Batu

Berikut ini ada beberapa resep tradisional yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan jerawat :
1. Buah Tomat
Anda dapat menggunakan buah tomat untuk obat jerawat, karena dalam tomat terkandung vitamin C, A, dan B1, kalsium, zat besi, dan belerang yang ampuh untuk mencegah peradangan dan mengempiskan jerawat, caranya :
sediakan 1 buah tomat matang
belah tomat tersebut menjadi 2 bagian
gunakan 1 belah tomat untuk wajah / pipi sebelah kiri dan 1 bagian lagi untuk pipi kanan
gosokan dengan halus & pelan pada bagian wajah yang berjerawat hingga merata
tunggu sekitar 15 - 20 menit atau hingga tomat tersebut mengering
basuh dengan air dingin

2. Putih Telur
Mengatasi jerawat batu bisa dilakukan dengan menggunakan putih telur. Dalam dunia kecantikan putih telur ini sangat terkenal sebagai masker pencerah wajah. Untuk menghilangkan jerawat dengan putih telur, lakukan langkah berikut ini :
Sediakan 1 butir telur
Pisahkan kuning telur dengan putih telur
oleskan putih telur pada bagian kulit wajah yang berjerawat
Tunggu hingga mengering atau sekitar -+ 20-30 menit
Setelah putih telur mengering, basuhlah dengan air dingin

3. Air Perasan Jeruk Nipis, Madu dan Kunyit
Manfaat madu dan kunyit memang banayak, dan salah satunya adalah bisa kita gunakan untuk menghilangkan jerawat batu, caranya mudah :
Cuci bersih kunyit dengan air
kemudian haluskan, bisa di ulek, diparut ataupun di blender
Campurkan kunyit yang sudah dihaluskan tadi dengan madu dan air jeruk nipis
Aduk hingga merata
Oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat hingga merata
Tunggu sekitar 15-20 menit
Basuh dengan air dingin

4. Kentang
Dalam kentang terkandung suatu zat yang bernama "alkali" yang dapat bermanfaat untuk membersihkan kelenjar minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Bagaiamana caranya?
Ambil 1 buah kentang
cuci hingga benar-benar bersih
haluskan kentang tersebur (diparut ataupun diblender)
oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat
diamkan sekitar 20 -30 menit
bersihkan dengan air dingin

5. Pasta Baking Soda
Baking soda dapat menyembuhkan dan mencegah jerawat agar tidak berkembang lebih banyak. Caranya adalah sebagai berikut :
sediakan baking soda secukupnya
campurkan backing soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta yang aga kental
oleskan pada daerah kulit yang berjerawat
Diamkan selama 15 menit
Basuh dengan air dingin
Anda juga dapat mencampur baking soda dengan garam laut.
Tapi ingat lakukan secara rutin agar hasilnya jadi maksimal atau kalian bisa berkonsultasi kepada dokter untuk menghilangkan jerawat batu kalian.

Demikian mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Batu, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.

Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

1 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat Batu"