5 Fakta Mengenai Racun VX Nerve, Racun yang Membunuh Kim Jong-Nam

5 Fakta Mengenai Racun VX Nerve, Racun yang Membunuh Kim Jong-Nam
5 Fakta Mengenai Racun VX Nerve, Racun yang Membunuh Kim Jong-Nam - Setelah menunggu agak lama, akhirnya kepolisian Malaysia mengungkap, racun apa yang membunuh Kim Jong-Nam. Kepala Kepolisian Malaysia, Khalid Bin Abu Bakar, menyebutkan Kim Jong-Nam tewas karena diracun dengan 'VX Nerve'.

"VX termasuk sebagai senjata kimia di dalam Schedule 1 of the Chemical Weapons Convertion Act 2005 dan Chemical Weapons Convention 1997," kata Khalid, Kepala Kepolisian Malaysia.

Pernyataan Khalid itu berdasar dari laporan awal dari Departemen Kimia Malaysia terkait dengan kematian Jong-Nam. Dia menyebutkan hasil analisis menunjukkan racun itu diambil dari usapan selaput lendir mata dan muka.

Substanci racun itu adalah Ethyl S-2 Diisopropylamino Ethyl Methylphosphonothiolate atau dikenal dengan nama 'VX Nerve Agent'. Berikut adalah fakta penting soal racun VX Nerve seperti yang dikutip dari CNN:

1. Berasal dari Negara Inggris

VX Nerve merupakan racun berbentuk yang dikembangkan oleh Inggris pada tahun 1995-an. Racun ini diklarifikasikan sebagai senjata kimi oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Warna cokelat kekuningan namun tidak memiliki rasa dan bauk yang mencolok.

2. Digunakan Sebagai Senjata Kimia

Racun VX Nerve ini digunakan sebagai senjata kimi dan tidak ditemukan di alam bebas. Penggunaan VX Nerve sebagai senjata kimia terjadi pada perang Iran dan Irak yang terjadi pada tahun 1980-an.

3. Racun yang Mematikan

VX Nerve merupakan salah satu racun paling mematikan di dunia. Ketika terhidrup, racun ini akan menyebabkan enzim-enzim vital tubuh berhenti bekerja sehingga membuat tubuh lelah karena tidak mampu lagi bernapas.

Dalam bentuk gas, menghirup VX Nerve dapat menyebakan kematian dalam waktu 15 menit. V Nerve juga bisa digunakan dalam cairan yang bisa dicampur ke makanan atau suplai air.

4. Gejala Keracunan

Gejala Keracunan yang muncul tergantung kadar racun yang yag terekspos oleh tubuh seseorang, dan biasanya muncul hingga 18 jam ke depan. Keracunan dosis tinggi dapat menyebabkan kehilangan kesadaran, tubuh kaku dan kejang-kejang karena tidak bisa bernapas.

Sementara dalam dosis kecil, keracunan VX nerve dapat menyebabkan meningkatnya gangguan penglihatan, mual, diare hingga rasa nyeri. CDC mencatat bhakan dalam dosis yang sangat kecil, keracunan VX Nerve dapat membuat tubuh menjadi lemas.

5. Efek Jangka Panjang

Sampai saat ini belum ada penelitian yang meniliti jangka panjang akibat racun ini. Karena paparan VX nerve karena tidak ada yang mampu bertahan hidup setelah terpapar racun ini dalam jumlah besar. Tapi penawar Racun VX sudah tersedia dan sebaiknya segera di berikan sesegara mungkin untuk mencegah risiko yang lebih besar.

Demikian mengenai 5 Fakta Mengenai Racun VX Nerve, Racun yang Membunuh Kim Jong-Nam, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Fakta Mengenai Racun VX Nerve, Racun yang Membunuh Kim Jong-Nam"

Posting Komentar