Pengaruh Hewan Peliharaan pada Pekembangan Anak

Pengaruh Hewan Peliharaan pada Pekembangan Anak - Hewan peliharaan adalah hak bagi setiap anak, apapun jenisnya.Anak-anak sangat menyukai hewan sebagai teman bermain. TahukahAnda, hewan peliharaan tidak hanya menjadi sumber kegembiraan,tetapi juga dapat memberikan beberapa keuntungan bagiperkembangan Anak, seperti dilansir oleh She Knows, berikutini:
 

Pengaruh Hewan Peliharaan pada Pekembangan Anak

Secara fisik

"Hewan peliharaan memberikan dorongan untuk melatihketerampilan motorik anak," kata Sheryl Dickstein PhD. direkturHumane Education untuk ASPPCA. Berjalan dengan anjing,berkejar-kejaran dengan hewan peliharaan bagus untukberolahraga. Latihan motorik juga bisa dilakukan denganmengajari mereka menuangkan minum atau meraup makanan untukhewan peliharaan mereka.

Aspek sosial

Untuk anak, hewan peliharaan bisa menjadi fasilitator yangbaik. Anak-anak seringkali lebih mudah mendekati ataumendatangi anak lain yang memiliki hewan peliharaan. Ini karenabiasanya setiap anak memang menyukai peliharaan. Dengan caraini, hewan peliharaan dapat menjadi jembatan antara anak yangkurang bisa bersosialisasi dengan teman-temannya.

Aspek emosional

Hewan juga dapat memfasilitasi anak dalam berbagai aspekperkembangan emosional seperti harga diri dan rasa tanggungjawab. Dia akan merasa memiliki sesuatu untuk diurus, denganbegitu anak akan merasa lebih percaya diri dengan kemampuannyamerawat hewan dan memberinya rasa tanggung jawab.

Aspek kognitif

Saat anak-anak tumbuh, mereka akan mempelajari mengenai hewanpeliharaan mereka. Kemungkinan mereka akan mengembangkan minattertentu pada hewan peliharaan favorit mereka. Hewan peliharaanmemicu keinginan anak untuk belajar. Karena bersama hewanpeliharaan, maka belajar terasa lebih menyenangkan.

Hewan peliharaan untuk terapi

Anak-anak seringkali membangun ikatan khusus dengan hewanpeliharaan mereka. Karena hewan peliharaan menerima merekasebagaimana adanya. Hewan peliharaan tak pernah menghakimimereka. Seorang anak yang pernah tersakiti secara mental,misalkan mengalami trauma, akan lebih mudah terbuka pada hewanpeliharaannya daripada dengan orang lain. Dengan menggunakanhewan peliharaan, para terapis dapat membuat anak merasa nyamandan membuat mereka lebih mudah terbuka, serta lebih mudahdibantu dalam menangani masalahnya.

Bagaimana pun, membawa hewan peliharaan ke rumah adalahkeputusan bersama. Jika Anda mau berkomitmen juga untuk merawathewan peliharaan, maka tak ada salahnya membiarkan anak Andamemiliki hewan peliharaan. Apalagi jika hewan tersebut dapatmemberikan pengaruh yang baik untuk anak.

Demikian mengenai Pengaruh Hewan Peliharaan pada Pekembangan Anak, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Pengaruh Hewan Peliharaan pada Pekembangan Anak"

Posting Komentar