Ini Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri

Ini Peyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri
Ini Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri - Tulang rusuk merupakan tulang panjang melengkung yang membentuk rongga dada. Tulan rusuk ini berfungsi untuk melindungi dada dan organ-organ vital yang ada di dalam, seperti paru-paru dan jantung.

Nyeri pada tulang rusuk bisa bersifat yajam atau tumpul. Sering kali masalanya bukan pada tulang rusuk, namun pada jaringan lunak sekitar tulang rusuk. Namun pada jaringan lunak sekitarnya seperti otot. Pada kasus ringan, dapat disebabkan ole batu, peregangan otot yang berlebihan, dan perubahan posisi tubuh yang tiba-tiba. Tapi, nyeri tulang rusuk juga bisa berbahaya dan juga merupakan ciri dari penyakit tertentu.

Beberapa penyebab lainnya dari nyeri tulang rusuk, di antaranya, seperti dikutip dari situs kesehatan klikdokter.com :

Patah Tulang
Kemungkinan tulang rusuk terasa nyeri karena ada bagian dari rulanng rusuk yang patah atau retak, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Cedera Dada
Cedera dada bisa saja terjadi karena seseorang habis kecelakaan yang dengan jatuh saat posisi dada tepat di bawah atau dada menghantam benda keras lainnya.

Spasme otot
Spasme otot adalah kejang otot yang berlangsung dalam beberapa waktu yang timbul dengan sendirinya.

Osteoporosis
Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Peradangan
contohnya kostokondritis

Penyakit pada paru-paru 
Seperti pleuritis, bronkitis, tuberkulosis, penyakit paru obstruktif kronik, dan kanker paru 

Penyakit jantung
Seperti serangan jantung atau penyakit jantung koroner juga bisa menyebabkan rasa nyeri.

Jika sering mengalami rasa nyeri pada bagian dada, sebaiknya perg kedokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jelaskan denga detail pola nyeri, intensitas, letak nyeri, hal yang memperburuk mengurangi rasa nyeri, dan gejala lain yang Anda rasakan. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksan fisik dan pemeriksaan penujuang bila diperlukan, seperti laboratorium, sinar-X, MRI, atau bone scan (bila dicurigai kanker paru). Penerangan nyeri tergantung dari penyababnya.

Perawatan unit gawat daruat diperlukan jika terdapat riwayat cedera disertai luka/lecet pada dada, nyeri terasa hebat. Apalagi jika Anda juga merasakan keluhan sesak napas, demam, perubahan warna kulit atau pusing, dan perubahan kesadaran.

Demikian mengenai Ini Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Ini Penyebab Tulang Rusuk Terasa Nyeri"

Posting Komentar