5 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Jantung

5 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Jantung
5 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Jantung - Jantung adalah salah satu organ yang penting untuk tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh, jika jantung maka peredaran darah di seluruh tubuh bisa berjalan lancar.

Tapi tahukan Anda, ternyata ada kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit jantung lho. Dan beberapa kegiatan tersebut tak disadari kalau bisa membahayakan jantung. Kebiasaan tersebut adalah haln sepele yang orang tidak tahu kalau melakukan terus menerus dan dalam waktu lama, maka hal ini bisa membahayakan jantung.

Mau tahu, apa saja kebiasaan tersebut? Berikut adalah kebiasaan yang bisa membahayakan jantung:

1. Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres. Stres memang sulit dihindari. Namun stres yang berlebihan bisa mengakibatkan jantung memburuk. Karena hal ini tubuh akan mengeluarkan adrenalin sehingga denyut jantung dan tekanan darah meningkat.

Selain itu stres yang berlebih juga bisa meningkatkan seseorang terkena stroke dan serangan jantung. Hindari stres dan usahakn berolahraga teratur minimal 30 menit setiap harinya.

2. Duduk Terus menerus

Siapa sangka kalau duduk terus menerus bisa berakibat buruk pada jantung. Pada penelitian yang dipublikasikan American Heart Association pada tahun 2014, orang yang duduk lebih dari lima jam setiap harinya berisiko dua kali lipat lebih tinggi mengalami penyakit jantung. Jika aktivitas atau pekerjaan mengharuskan duduk sepanjang hari, maka usahkan untuk berdiri dan berjalan setiap jam selama lima menit.

3. Kurang Tidur

Banyak orang yang suka bergadang yang akan membuat hormon kortisol dan adrenalin, sama seperti saat tubuh sedang stres. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk itu bagi orang dewasa sangat dianjurkan cukup tidur selama 7-8 jam sehari. Sedangkan bagi anak-anak dan remaja dianjurkan untuk cukup tidur selama 9-10 jam sehari.

4. Konsumsi Alkohol Berlebih

Berdasarkan American Heart Association, konsumsi alkohol dari dua gelas per hari pada pria dan satu gelas per hari pada wanita dapat meningkatkan risiko terkena penyakit hipertensi, stroke, obesitas. Ketiganya dapat menjadi faktor penyebab penyakit jantung.

5. Konsumsi Garam Berlebih

memang makanan terasa hampar jika tanpa garam. Tapi konsumsi garam secara berelebih dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Garam tak selalu dalam bentuk garam dapur. Makanan kaleng, daging olahan, makanan beku, dan cammilan seperti kripik kemasan juga mengandung banyak garam. American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi garam maksimal 1500 mg/hari.

Memang mengubah kebiasaan membutuhkan proses dan tidak terjadi secara instan. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Journal of General Practice pada tahun 2012, setidaknya butuh 66 hari untuk merubah kebiasaan baru.

Demikian mengenai 5 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Jantung, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Jantung"

Posting Komentar