Penanganan Sindrom Stevens Johnson

Penanganan Sindrom Stevens Johnson - Pada posting sebelumnya saya pernah membahas mengenai Apa itu Sindrom Stevens Johnson atau Stevens Johnson Syndrom.

Biasanya pasien yang terkena SJS ini di rawat intensif oleh para dokter, dan biasanya tak hanya satu dokter yang mengawasi pasien yang terkena SJS, tapi banyak dokter, diantaranya adalah dokter, spesiais kulit,mata dan penyakit dalam.

Untuk penanganan sendiri ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk menghentikan SJS semakin parah. Yaitu :
 

- Pertama, hentikan obat yang terindikasi menyebabkan Sindrom Stevens Johnson ini muncul

- Lalu, Sindrom Stevens Johnson tak hanya muncul karena alergi dengan obat tertentu, tapi bisa jadi juga di akibatkan oleh  reaksi terhadap virus atau infeksi bakteri tertentu. jika ada penyakit yang dicurigai mendasari terjadinya sindrom stevens johnson, maka harus segera di obati.

- Lalu, untuk yang terakhir adalah penanganan dengan pengobatan simptomatis sesuai dengan gejala yang muncul. Atau jika kulit pecah-pecah segera di berikan obat topikal yang langsung dioleskan, dan jika terasa gatal maka harus diberikan obat penghilang rasa gatal. Dan jika pasein parah maka harus di berikan cairan intravena.

Saat proses penyembuhan maka pasien harus diberikan makan dengan elektrolit tinggi dan kalori tinggi yang diberikan lewat infus agar pasien bisa cepat membaik. Untuk menutupi kulit yang yang terbuka bisa menggunakan kompres saline atau burow solution atau untuk cara alternatif  lainnya adalah menggunakan calamine lotion.

Apakah Bisa menyebabkan kematian?
Mungkin pertanyaan ini ada didalam benak kita, apakah stevens johnson syndrom ini bisa mengakibatkan kematian. Semua penyakit jika tidak ditangin secara serius juga bisa menyebabkan kematian. untuk kasus kematian yang di akibatkan SJS adalah sekitar 5-15% saja, dan kemungkinan untuk sembuhpun besar.

Penanganan Sindrom Stevens Johnson


Tapi, apakah kulit bisa kembali normal seperti semula lagi? Setelah sembuh total maka kulit bisa kembali seperti semula, tak akan terlihat nampak jika si pasein pernah terkena stevens johnson syndrom.

Demikian mengenai Penanganan Sindrom Stevens Johnson, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Penanganan Sindrom Stevens Johnson"

Posting Komentar