Sumber Kalsium yang Wajib Dipenuhi Bayi

Sumber Kalsium yang Wajib Dipenuhi Bayi
Sumber Kalsium yang Wajib Dipenuhi Bayi - Kalsium adalah salah satu zat yang penting untuk pertumbuh kembangan bayi. Selain berperan dalam proses pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium juga berfungsi dalam pembekuan darah, kinerja sistem saraf kontraksi jantung dan otot.

Bayi membutuhkan sekitar 250 gram per hari. Jika asupan kalsium kurang dari jumlah kebutuhannya, proses pertumbuhan bayi pun bisa terhambat.

Pada usia 0-6 bulan, bayi memperoleh nutrisi hanya dari air susu ibu atau susu formula. Pada periode ini, kalsium diperoleh dalam jumlah yang cukup dari asupan susu tersebut.

Namun, ketika bayi menginjak usia 6 bulan, maka ASI saja tidak cukup sehingga perlu diberikan MPASI. Untuk menjamin asupan kalsium yang cukup pada periode ini, Anda perlu mengenali dan memili MPASI yang baik, termasuk sumber kalsium.

Sumber kalsium yang paling utama adalah susu dan produk turunannya seperti keju, mentega (butter, bukan margarin), dan yoghurt. Kalsium juga terkandung dalam sayuran hijau, polong-polongan, kacangan-kacangan, brokoli, kol, tahu.

Sumber lain kalsium adalah hewan yang dimaka bersama tulangnya seperti teri, sarden dan presto. Selain sumber-sumber alami. Kalsium juga terkandung dalam makanan-makanan seperti di bawah ini yang dikutip dari klikdoktercom :

- Susu 1 gelas (200 ml) mengadung 220 gram kalsium
- Tahu ukuran sedang mengaudng 124 gram kalsium
- Kacang kedelai (1 mangkuk) mengandung 55 gram kalsium
- Ikan teri (1 ons) mengandung 1200 gram kalsium

Perlu diingat bahwa selian kalsium, masih terdapat zat nutrisi lain yang juga ppenting untuk bayi. Baik itu makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) maupun mikronutrien (vitamin dan mineral). Mari pilih MPASI yang bergizi seimbang agar tumbuh kembang bayi optimal.

Demikian mengenai Sumber Kalsium yang Wajib Dipenuhi Bayi, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Sumber Kalsium yang Wajib Dipenuhi Bayi"

Posting Komentar