Waspadai Penyakit ini, Jika Sering Baper di Sosmed

  Waspadai Penyakit ini, Jika Sering Baper di Sosmed
Waspadai Penyakit ini, Jika Sering Baper di Sosmed - Saat masa-masa seperti ini, masa di mana pesta demokrasi akan segera dilaksanakan kerap kali kita membaca status yang membuat gatal untuk berkomentar di berbagai situs media sosial. Kritis dalam mencerna berita menjadi hal yang sangat penting saat ini.

Namun saat terus menerus di penuhi oleh pikiran yang sama, tanpa disadari seseorang akan terlarut dalam emosi. Atau yang sering disebut oleh zaman sekarang adalah baper atau bawa perasaan.

Ternyata, urusan baper inni bisa memengaruhi kesehatan Anda. Dari sudut pandang kesehatan jiwa, baper dapat menambah tingkat stres seseorang. Bagaimana bisa?

Saat seseorang terlalu banyak berpikir mengenai suatu hal, tubuh akan mengeluarkan hormon yang bisa memicu stres. Bila tidak segara untuk diatasi, maka kondisi ini akan membuat seseorang sulit untuk mengontrol emosi mereka, dan akan mudah terkena depresi.

Baper juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lain. Tiga  diantaranya adalah penuaan dini, gangguan seksual, dan penyakit jantung.

1. Baper dan Penuaan Dini

"Jangan kebanyakn baper, nanti cepat tua !" Ungkapan tersebut tidak sepenuhnya bohong. Catatan medis membuktikan bahwa stres yang diakibatkan baper akan memperpendek usia telomere. Apa itu?

Telomore merupakan struktur dalam DNA yang berperan dalam regenrasi sel-sel tubuh. Artinya, bila ada sel-sel yang rusak, pergantiannya menjadi lmabta da sel terlihat lebih tua dari usia aslinya.

2. Baper dan Gangguan Seksual

Banyak yang belum tahu kalau baper berhubungan dengan gangguna seksua. Ketika seseorang terlalu larut suatu pikiran, pelepasan hormon seksual juga ikut terganggu.

Inilah yang kerap menjadi dasar mengapa stres dapat memengaruhi performa seksual seseorang. Merasa kehidupan seksual Anda bermasalah? Coba lebih santai dari sifat baper.

3. Baper dan Penyakit Jantung

Siapa sangka, kalau paer bisa juga memberikan dampak buruk untuk keesehatan jantung. Tanpa disadari, tubuh juga akan memproduksi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh.

Jika terus-terus baper dan terbebani secara psikis, maka radikal bebas yang diproduksi di dalam tubuh semakin meningkat. Bila kadarnya berlebihan, radikal bebbas akan merusak sel-sel tubuh yang sehat, termasuk sel jantung.

Akibatnya, risiko penyakit jantung akan semakin meningkat. Maka dari itu, hindari sikap terlalu baper agar kesehatan jantung Anda tetap terjaga kesehatannya.

Bagaimanapun juga bersifat kritis yang diperlukan untuk menanggapi status-status yang membuat kita baper. Namun semuanya perlu diperhatikan dengan baik, karena kesehatan adalah sangat penting bagi kita.

Demikian mengenai Waspadai Penyakit ini, Jika Sering Baper di Sosmed, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Dan jangan baper-baper sama mantan.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Waspadai Penyakit ini, Jika Sering Baper di Sosmed"

Posting Komentar