Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Keropos

Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Keropos
Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Keropos - Mempunyai gigi yang baik dan tanpa ada keropos memang di idamkan oleh banyak orang. Tapi sayangnya semua itu tak semuanya bisa kita dapatkan, terkadang ada beberapa penyebab yang bisa membuat gigi Anda keropos tanpa Anda sadari.

Gigi kropos terjadi karena enamel atau email gigi sudah mengalami kerapuhan. Fungsi enamel adalah untuk melindungi dari suhu panas atau dingin dari makanan yang di konsumsi. Enamel juga mencegah gigi rusak terkena zat asam atau kimin. Enamel sebagai lapisan terluar dari gigi mempu melakukan fungsinya karena merupakan bagian tubuh manusi yang paling kuat.

Namun ketika zat-zat pengikis terus menggerus gigi, enamel sangat mungkin menjadi berlubang. Melalu lubang tersebut, zat-zat di dalam mulut bisa masuk dan merusak gigi. Kondisigigi keropos yang disebut dengan erosi gii atau erosi asam ini ditandai dengan hilanngnya struktur gigi. Penyebabnya adalah paparan zat asam dari kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar Ph di bawah 5,0 sampai 5,7.

Tanpa kita sadari, ada beberapa makanan dan minuman yang ternyata bisa membuat gigi kita menjadi keropos. Nah, agar tak mengalami gigi keropos, maka perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman seperti di bawah ini :

1. Roti

Siapa yang menyangka, kalau roti adalah salah satu penyebab gigi keropos? Pada saat mengunyah roti, air liur di dalam mulut bekerja memecah zat pati menjadi gula. Roti dapat menempel di sela-sela gigi. Selanjutnya, sisa-sisa roti tersebut akan mengundang bakteri dan akhirnya menyebabkan gigi keropos dan berpontensi menjadi gigi berlubang.

2. Buah yang Terasa Asam

Kandungan asam buah jeruk dan lemon berisiko mengikis enamel dan membua gigi rentan mengalami kerusakan. Apabila Anda harus makan biang yang asam seperti ini atau minuman air yang sudah diberi perasan air lemon, jangan lupa untuk membilas mulut dengan cara minum air putih setelahnya.

3. Minuman Berkarbonasi

Penelitian telah terbukti bahwa minum minuman soda berkarbonasi dalam jumlah banyak atau sering, berpontensi merusak gigi. Soda yang mengandung zat berkarbonasi ini akan membantuk plak pada gigi dan sangat mungkin memproduksi asam lebih banyak, lalu menyerang enamel gigi. 

Sifat soda dapat membuat mulut menjadi lebih kering sehingga menjadikan mulut tidak memiliki cukupan air liur untuk membersihkan gigi yang terkena asam. Apalagi berwarna gelap akan meninggalkan noda hitam pada gigi Anda. Walaupun demikian, beberpa waktu, barulah Anda menyikat gigi.

4. Es Batu

Kebiasaan mengunyah sesuatu yang keras da dingin, seperti es batu, dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi. Gigi pun menjadi rentan rusak, seperti terkelupas atau bahkan menjadi patah.

Makan makanan di atas sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan dengan takaran yang secukupnya. Dan biasakan setelah makan untuk menyikat gigi Anda, agar bisa terhindari dari keropos gigi.

Adad beberapa tips yang bisa Anda Coba untu mencegah gigi keropos

Demikian mengenai Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Keropos, semoga postinga kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Makanan dan Minuman yang Membuat Gigi Keropos"

Posting Komentar