Makanan yang Dapat Membersihkan Usus

Makanan yang Dapat Membersihkan Usus
Makanan yang Dapat Membersihkan Usus - Usus adalah organ pencernaan yang penting bagi tubuh kita. Jika usus sehat, maka tubuhpun akan ikut sehat. Penyakit disebabkan oleh kotoran tubuh banyak terdapat dari usus besar. Sayang kebanyakan dari kita kurang memperhatikan hal ini.

Faktanya, sekitar 70% sel-sel membentuk sistem kekebalan tubuh, berada di dinding usus kita. Namun, pencernan yang lamban akibat pola makan yang kurang baik dan kualitas makanan yang tidak sehat dapat merusak pencernaan yang bisa menimbulkan penyakit seperti disentri, usus buntu, diare, bahkan demam tifoid yang membuat usus berlubang.

Jika pola makan yang sehat di abaikan, maka penyakit diatas akan menyerang kita, pastinya kita tidak mau donk, kalau terkena penyakit seperti itu. Tapi tenang saja, ada cara alami untuk membersihkan usus yang sehat,seperti dibawah ini:

1. Sayuran Hijau

Tekstur sayur yang berserat dapat membersihkan usus Anda dari racun dan kotoran yang menempel di dinding usus.. Sayuraan juga mengandung antioksidan dan mineral yang bisa melindungi tubuh dari racun. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya sayuran direbus(dijadikan lalapan), kalau ingin ditumis usahakan menggunakan minyak zaitun agar menambah nutrisinya.

2. Psyllium Husk

Psyllium husk yang lebih dikenal denga nama plantago ovata merupakan tanaman herbal yang tumbuh di India. Tumbuhan ini diklaim dapat menurunkan kolestrol pada tubuh. Cara mengonsumsi makanan ini sangatlah mudah, kalian cuma perlu menyiapkan air panas, setelah itu tuangkan air panas pada wadah yang berisikan psyllium husk, tunggu beberapa menit, setelah itu beri garam sedikit biar ada rasanya dan siap untuk dimakan. Jangan lupa siapkan air minum, karena makanan ini mengandung serat yang tinggi, mungkin akan sedikit susah untuk menelannya.

3. Chia Seed

Chia seed merupakan biji-bijian yang sedang populer untuk diet, karena manfaat untuk detoks pencernaan. rasa dari chia seed sendiri cenderung hampar, dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendam di dalam susu atau air selama beberapa menit, dan bisa juga dengan mencampurkan makanan lain seperti yoghurt atau oetmeal.

4. Lada Cayenne

Bagi Anda yang suka dengan makanan pedasa, dan ingin membersihka usus, maka jawabannya adalah lada cayenne. Makanan ini adalah senyawa pedas yang bisa membantu melancarkan pencernaan, dan makanan ini juga didapuk bisa mencegah serangan jantung.

5. Makanan Fermentasi

Makanan yang difermentasi mengandung bakteri yang menguntungkan bagi usus. Makanan yang difermentasi cenderung memiliki rasa sedikit asam.Contoh makanan yang difermentasi adalah kimchi, tape dan yoghurt. Makanan ini membantu mendukung bakteri usus untuk mengelurkan kotoran dari asupan makanan yang tidak sehat dalam tubuh.

6. Buah-Buahan

Buah memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Ada beberapa buah yang baik untuk usus Anda dan bisa membersihkannya, antara lain adalah lemon yang kaya dengan vitamin C dengan antioksidan tinggi pastinya akan membuat tubuh segera mengeluarkan kotorannya. Ada juga buah alpukat yang kaya dengan omega 3 dengan manfaat mencegah perkembangan racun di dinding usus.

7. Varian Teh

Kefir adalah sejenis makanan yang dapat dijadikan minuman teh. Seperti yoghurt, kefir merupakan produk fermentasi yang mengandung oligosacharides, karbohidrat kompleks yang menajdi makanan untuk bakteri baik serta menajga mikroorganisme kecil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh . Selain itu ada teh kombucha, teh manis yang difermentasi menggunakan kandungan berupa gelatin yang bernama kombucha, kedua teh ini dapat membersihkan usus dari kuman dan bakteri.

8. Air Putih

Air adalah sumber kehidupan makhluk hidup, nah, air putih adalah wajib diminum untuk mencukupi cairan dalam tubuh. Tak hanya itu, jika kita dalam keadaan dehidrasi terus menerus, maka hal ini akan menyebabkan sembelit dan penumpukan racun secara terus menerus. Inilah pentingnya air putih.

Demikian mengenai Makanan yang Dapat Membersihkan Usus, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Makanan yang Dapat Membersihkan Usus"

Posting Komentar