5 Dampak Buruk Makan Permen Karet untuk Kesehatan

5 Dampak Buruk Makan Permen Karet untuk Kesehatan
5 Dampak Buruk Makan Permen Karet untuk Kesehatan - Permen karet, mungkin sebagian dari kalian ada yang sangat sering mengunyah permen karet. Permen karet disukai karena rasanya dan menyegarkan untuk mulut.

Tak hanya itu, mengunyah permen karet menghindarikan stres saat bekerja. Ada juga yang bilang kalau mengunyah permen karet juga bisa meningkatkan fokus, yah permen karet manfaat untuk kesehatan.

Tapi disisi lain, ternyata ada beberapa efek buruk jika terlalu sering makan permen karet. Nah, mau tahu apa saja efek buruk makan permen karet untuk kesehatan? Berikut adalah ulasannya :

1. Lebih Sering Makan Junk Food

Banyak orang yang sengaja makan permen karet supaya tidak cepat lapar dan tak ingin ngemil terus. Namun, menurut sebuah penelitian oleh Department of Exercise and Nutrition Scienes di Amerika Serikat, Anda yang sering makan permen karet akan mengurangi untuk makan makanan yang bergizi, dan lebih sering makan junk food seperti gorengan, keripik kentang, atau bakso.

ini karena biasanya perasa mint dan buah-buahan yang terkandung dalam permen karet membuat sayur dan buah-buah jadi terasa pahit. Anda akan mencari makanan yang terasa kuat dan gurih seperti junk food.

2. Memicu Gangguan Sendi Rahang

Kalau Anda yang sering menguyah permen karet pada sisi tertentu, maka Anda akan berisiko mengalami otot rahang tak seimbang dan besar sebelah. Dan apabila Anda sudah mengunyah permen karet selama bertahun-tahun, maka kemungkinan besar akan ada gangguan pada sendi rahang. Gangguan ini antara lain adalah sakit kepala, nyeri rahang, nyeri telinga, dan sakit gigi.

3. Diare

Jika Anda sering diare, itu adalah salah satu dampak dari terlalu sering makan permen karet. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman yang dipublikasi dalam Britsih Medical Journal menguak bahwa permen karet, nahkan jenis bebas gula mengandung pemanis buatan yang dikenal dengan sebuat sorbitol. Jik Anda mengonsumsi pemanis buatan ini dalam dosis tinggi, maka efeknya sama halnya mengonsumsi obat pencahar. Anda pun berisiko mengalami diaere dan dehidrasi.

4. Gangguan Pencernaan

Selain diare, dampak makan permen karet bagi pencernaan adalah perut kembung, sakit perut, dan produksi asam lambung berlebihan. Perut jadi kembung karena saat makan permen karet Anda secara tak sadar menelan banyak udara yang masuk.

Makan permen karet juga bisa menipu sistem pencernaan Anda. Sistem pencernaan menduga bahwa Anda akan makan sesuatu, sehingga lambug pun akan memproduski enzim yang asam untuk mengurai makanan. Padahal pada kenyataannya Anda tidak makan apa-apa, dan berakibat akan terlalu tinggi asam lambung. Dan pada saat Anda benar-benar makan, maka lambung sudah tidak memproduksi enzim lagi, yang walhasil makanan akan sulit untuk dicerna.

5. Merusak Gigi

Dalam permen karet, terdapat pengawet, pemanis, dan asam buatan yang bisa merusak gigi. Meskipun Anda makan permen karet yang bebas gula sekalipun. Terlalu sering makan permen karet sama saja membalut gigi dengan bahan-bahan kimia berbahaya tersebut.

Sebenarnya makan permen karet baik untuk menghilangkan kejenuhan saat kerja dan bisa meningkatkan fokus. Tapi terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan, karena semua yang berlebih itu tidak baik.

Demikian mengenai 5 Dampak Buruk Makan Permen Karet untuk Kesehatan, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "5 Dampak Buruk Makan Permen Karet untuk Kesehatan"

Posting Komentar