Makanan Sebaiknya di Hindari untuk Mencegah Osteoporosis

Makanan Sebaiknya di Hindari untuk Mencegah Osteoporosis
Makanan Sebaiknya di Hindari untuk Mencegah Osteoporosis - Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Makanan yang mengandung banyak kalsium baik untuk tulang dan bisa mencegah osteoporosis.. Tapi tahukah Anda kalau ada makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah osteoporosis?

Seperti yang dilansir dari boldsky, Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah osteoporosis :

1. Terlalu Banyak Protein

Sulfat hadir dalam makanan berprotein menyebabkan tulang untuk mencuci keluar kalsium dari tulang. Oleh karena itu, Anda harus mengingat untuk menghindari makanan kaya dengan protein. Makan makanan yang mengandung protein berlebih bisa menyebabkan osteoporosis.

2. Minuman Berkafein

Sebuah studi baru baru ini menyatakan kalau terlalu banyak minum kopi dalam sehari (4-5 cangkir) dapat meningkatkan risiko patah tulang. Tidak apa-apa yang minum kopi, asalkan jangan terlalu banyak dalam sehari, karena minum kopi memiliki manfaat kesehatan jika diminum dengan pas dan tidak terlalu banyak.

3. Retinol dari Vitamin A

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan vitamin A dalam dosis melebihi 3000 mikrogram akan menghadapi peningkatan risiko menderita patah tulang pinggul. Bentuk dari retinol vitamin A antara lain seperti Hati, kuning telur, produk susu dan suplemen makanan.

4. Kaya Sodium

Terlalu banyak natrium dalam makanan akan menyebabkan ekskresi kalsium melalui urine dan keringat. Sodium dapat ditemukan di garam dan makanan olahan lain yang mengandung garam tinggi.

5. Oxalates

Ini adalah bentuk lain dari garam yang dapat mencegah tulang Anda menyerap kalsium dengan sempurna. Ubi jalar adalah contoh makanan yang mengandung oxalates.

6. Dedak Gandum

Dedak gandum adalah jenis makanan yang mengurangi penyerapan kalsium, bahkan saat Anda makan bersaman dengan makanan yang mengandung kaya kalsium.

7. Alkohol

Pada dasarnya alkohol memang tidak baik untuk kesehatan, tapi mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih dapat kaitkan dengan densitas tulang dalam tubuh. Alkohol dapat menggangu penyerapan kalsium dan vitamin D ke dalam tulang.

Sebenarnya semua boleh dimakan, asalkan tahu batasannya, jangan berlebihan mengonsumsi sesuatu makanan.

Demikian mengenai Makanan Sebaiknya di Hindari untuk Mencegah Osteoporosis, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Makanan Sebaiknya di Hindari untuk Mencegah Osteoporosis"

Posting Komentar