Cara Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi

Cara Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi
Cara Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi - Salah satu tanda limfoma atau kelenjar getah bening adalah benjolan yang timbul di leher. Tapi tidak semua benjolan yang ada dileher itu adalah limfoma. Benjolan juga bisa muncul karena infeksi juga. lalu bagaimana Cara Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi?

Dokter dari Dvisi Hematologi Onkokogi Medij Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr. dr Andhika Rachman SpPD-KHOM menjelaskan, benjolan karena limfoma tidak akan terasa sakit jika ditekan. Sedangkan benjolan yang terjadi karena infeksi akan terasa sakit.

"Limfoma itu painless atau enggak ada nyeri sama sekali pada benjolan. Kalau infeksi, misalnya radang tenggorokan, benjolan di leher akan terasa sakit, juga sakit saat menelan," ujar Andhika.

Andhika mengatakan, sistema saraf dan aliran darah di daerah leher sangat baik sehingga mudah membengkak jika terjadi masalah. Dalam kasus limfoma, benjolan pun biasany tak hanya muncul di satu tempat dan saat diraba seperti bergerombol.

"Kalau karena limfoma biasanya juga diserta demam yang tak terlalu tinggi, yaitu di bawah 38 derajat celcius," Jelas Andhika

Selain di leher, benjolan juga bisa muncul di daerah ketiak. Namum benjolan di ketiak juga bisa muncul karena kasus infeksi, misalnya radang folikel rambut dan terasa sakit.

"Jadi jangan setiap kali muncul benjolan di leher atau ketiak langsung takut karena dikira limfoma," Kata Andhika.

Mengethaui dan mewaspadai munculnya benjolan sebagai gejala limfoma memang diperlukan. Untuk itu lebih baik jika segera memeriksakan kalau ada gejala timbul benjolan karena limfoma atau infeksi.

Demikian mengenai Cara Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Membedakan Benjolan di Leher Karena Limfoma atau Infeksi"

Posting Komentar