Olahraga Berlebihan Bisa Bahayakan Organ Jantung

Olahraga Berlebihan Bisa Bahayakan Organ Jantung
Olahraga Berlebihan Bisa Bahayakan Organ Jantung - Olahraga sangat disarankan untuk menjaga kesehatan, olahraga juga salah satu kuncu untuk menjaga kesehatan jantung juga. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari olahraga, maka olahraga harus di lakukan secara rutin.

Semua yang berlebihan itu tak baik. Bahkan olahraga berlebihpun juga bisa tak baik untuk kesehatan, bukannya sehat ingin berolahraga malah mendapatkan risiko yang merugikan tubuh kita sendiri.

Bahkan beberapa kasus kematian mendadak karena olahraga berlebih banyak terjadi. Bebebrapa figur publik juga ada yang mengalami hal tersebut, dan pada akhirnya nyawanya tidak bisa tertolong.

Gangguan terhadap organ jantung (terutama beruupa nyeri dada dan kematian jantung mendadak) memang dapat muncul sebagai akibat dari olahraga secara berlebihan. Akan tetapi, efek ini hanya terjadi pada orang-orang yang sudah memiliki risiko.

Risiko yang dimaksud disini adalah risiko terkena penyakit jantung koroner. Bila Anda atau keluarga Anda ada yang memiliki faktor serangan jantung koroner, maka sebaiknya jangan berolahraga secara berlebihan.

Saat berolahraga secara berlebihan, maka detak jantung akan meningkat secara signifikan. Peningkatan ini adalah untuk mengakomodasi kebutuhan oksigen seluruh tubuh saat berolahraga. Namum, secara tidak langsung hal ini juga menandakan adanya peningkatan kebutuhan oksigen yang lebih besar pada otot jantung.

Bila mana sebelumnya telah teradi penyempitan pembuluh darah akibat penyakit jantung koroner, kondisi ini dapat berujung pada muncul dan memberatnya nyeri dada sebelah kiri.

Lain halnya ketika plak yang menempel di dinding pembuluh darah pecah atau rusak akibat aliran darah yang begitu kencang saat berolahraga berlebihan. Pecahnya plak kolestrol ini dapat terbawa ke ujung pembukuh darah dan menyumbatnya, sehingga menyebabkan terjadinya kematian otot jantung (akibatnya tidak lagi memperoleh oksigen dari pemuluh darah yang tersumbat). Bila otot jantung yang mati begitu luas, jantung bisa saja gagal menjalakan fungsinya sehingga terjadi kematian.

Keadaan seperti itu dapat ditemukan pada orang-orang yang sebelumnya fit dan diketahui cukup sehat untuk mengikuti olahraga, namun tiba-tiba bisa mengalami nyeri di dada bahkan meninggal mendadak saat sedang menjalani olahraga.

Lalu bagaimana jika sebelumnya Anda tidak mengetahui kalau Anda punya penyakit jantung koroner? Inilah gunanya Anda rutin periksa kesehatan, agar dapat memantau kesehatan tubuh Anda. Jangan sampai Anda tidak mengetahui hal-hal yang bisa membahayakan Anda, dan terjadinya hal yang tak diinginkan.

Demikian mengenai Olahraga Berlebihan Bisa Bahayakan Organ Jantung, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Olahraga Berlebihan Bisa Bahayakan Organ Jantung"

Posting Komentar