Minum Susu Secara Berlebihan Bisa Sebabkan Osteoporosis

Minum Susu Secara Berlebihan Bisa Sebabkan Osteoporosis
Minum Susu Secara Berlebihan Bisa Sebabkan Osteoporosis - Bukan menjadi sebuah rahasia kalau susu memang baik untuk tulang, karena susu mengandung kalsium yang tinggi yang bermanfaat untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat dan juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

Menurut studi pada Britsh Medical Journal menunjukkan terlalu banyak minum susu malah bisa menyebabkan tulang keropos atau osteoporosis. Studi yang dilakukan  tersebut melibatkan 61.433 orang wanita dan 45.339 pria. Selama duapuluh tahun pengamatan, dilakukan pendataan pada mereka yang meninggal dan mengalami patah tulang, terutama tulang panggul.

Hasilnya sangat mengejutkan, pria maupun wanita yang terbiasa minum susu 3-5 gelas per hari memiliki risiko kematian lebih besar. Pada wanita, minum susu berlebih juga berkaitan dengan meningkatnya risiko patah tulang panggul.

Lalu bagaimana ini bisa terjadi? Ternyata, walaupun banyak mengandung kalsium , susu juga mengandung D-galaktosa. Suatu percobaan pada hewan membuktikan bahwa mengonsumsi berlebih zat tersebut dalam jangka yang panjang bisa meningkatkan pertanda stres oksidasif. Ini merupakan suatu radikal bebas yang akan merusak sel-sel dalam tubuh termasuk sel tulang.

Tak hanya bisa merusak tulang, D-galaktosa juga mengakibatkan peradangan pada organ-organ dalam tubuh. Kedua efek ini bisa mengancam kesehatan tulang dan menurunkan kepadatan tulang yang bisa menjadi lebih rapuh dan mudah patah.

Tapi untuk olahan dari susu seperti keju dan yoghurt, tidak memberikan dampak yang sama. Pada keju dan yoghurt, terkandung laktosa dan galaktosa yang jauh lebih sedikit dari pada susu itu sendiri.

Selain renda kandungan galaktosa, yoghurt juga mengandung probiotik yang kemungkinan berfungsi sebaga antioksidan dan antiradang, sehingga baik untuk tubuh dan tentunnya tulang juga.

Walaupun begitu, bukan berarti Anda harus berhenti minum susu sama sekali. Studi yang dilakukan masih perlu penelitian lebih lanjut untuk dapat diambil kesimpulan. Harus diingat, bahwa efek tersebut bisa muncul ketika Anda mengonsumsi susu secara berlebihan.

Faktanya bahwa mengonsumsi susuk sejak dini terbukti mampi menjaga kepadatan tulang hingga lansia. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah membatasi porsinya. Rekomendasi minum yang umum adalah 2 gelas perhari.

Membatasi konsumsi susu sesuai dengan porsi yang dianjurkan akan memberikan manfaat bagi tubuh. Dan Anda takk perlu khawatir terkena osteoporosis di kemudian harinya.

Demikian mengenai Minum Susu Secara Berlebihan Bisa Sebabkan Osteoporosis, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Minum Susu Secara Berlebihan Bisa Sebabkan Osteoporosis"

Posting Komentar