Sering Buang Air Kecil saat Malam Hari, Normalkah?

Sering Buang Air Kecil saat Malam Hari, Normalkah?
Sering Buang Air Kecil saat Malam Hari, Normalkah? - Mungkin terkadang buang air di tengah malam merepotkan. Mungkin kalau mengalami sesekali saja itu masih normal. Namun ada beberapa orang yang mengalaminya setiap hari, bahkan sampai terbangun beberapa kali. Kondisi ini dinamakan dengan nokturia.

Nokturia bisa terjadi pada wanita dan pria. Nokturia juga bisa menganggu waktu tidur karena setiap malam bangun untuk buang air kecil. Lalu hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan nokturia ini?

1. Nokturnal Polluria

Nokturnal poliuria adalah urine yang berlebih pada malam hari, keadaan ini bisa disebabkan karena penyakit gagal jantung, pembengkakan pada kestresmitas bawah, beberapa jenis obat-obatan (diuretik, fenition, lithium, dll), dan minum yang banyak sebelum tidur.

2. Polluria

Poliuria adalah produksi yang berlebih, dimana melebihi 2 liter perhari. Keadaan ini bisa disebabkan karena seseorang kebanyakan minum atau bahkan seseorang tersebut memiliki penyakit diabetes.

3. Kapasitas kandung kemih yang rendah pada malam hari

Pada kondisi ini mungkin saja produksi urine tidak berlebih, tetapi daya tampung kandung kemih pada malam hari lebih rendah daripada jumlah urine yang diproduksi. Hal ini bisa disebabkan oleh sumbata pada kandung kemih, seperti pada pembesaran prostat, infeksi kandung kemih, dan keganasan pada kandung kemih.

4. Campuran nokturnal polluria dan kapasitas kandung kemih rendah pada malam hari

Ini dapat merupakan campuran seperti kedua poin yang telah di terangkan di atas.

Nokturia bisa disebabkan oleh penyakit atau keadaan normal seperti terlalu banyak minum. Namun, jika keadaan ini benar-benar telah mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari Anda, maka segerlah temui dokter untuk konsultasi.

Dokter akan membantu menetepkan diagnosis penyebab nokturia, sehingga dapat diketahui, apakah ini termasuk normal atauu tidak. Pada umumnya Anda akan diminta untuk membuat voiding diary atau buku harian berkemih. Anda diharuskan mencatat hal-hal seperti jumlah frekuensi buang air kecil, jumlah urine setiap kali buang air kecil, adanya obat-obatan yang diminum, dan keluhan lainnya.

Demikian mengenai Sering Buang Air Kecil saat Malam Hari, Normalkah?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Sering Buang Air Kecil saat Malam Hari, Normalkah?"

Posting Komentar