Masak Pakai Mentega tingkatkan Risiko Diabetes

Masak Pakai Mentega tingkatkan Risiko Diabetes
Masak Pakai Mentega tingkatkan Risiko Diabetes - Banyak orang mulai memikirkan kesehatannya dan akhirnya mereka meninggalkan makanan yang berminyak atau meninggal minyak sawit untuk memasakan. Makanan bermminyak memang tidak baik untuk beberapa orang yang memilki riwayat penyakit, seperti diabetes, jantung dan lain-lain.

Nah, karena alasan itu ada yang sudah terlepas dari memasak menggunakan minyak kelapa sawit atau yang lebih kita kenal dengan minya goreng biasa. Hal ini dihindari karena ingin terhindar dari penyakit menular, akhhirnya mereka memasak menggunakan dengan mentega.

Banyak orang beranggapan kalau mentega adalah pilihan yang tepat untuk memasak, mentega sehat dan tanpa risiko apapun. Tapi jangan salah, ada beberap studi yang mengemukakan kalau mentega bisa mengarah kepada penyakit diabetes.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Harvard TH Chan School of Public Health di Amerika Serikat yang dipimpin oleh Marta Guasch – Ferre, menunjukkan kalau orang yang mengonsumsi mentega sebanyak 12 gram dalam sehari, bisa berisiko terkena diabetes tipe 2.

Dalam studi yang dilakukan tersebut, risiko diabetesnya ternyata lebih tinggi ketimbang bahan-bahan lain. Studi tersebut menyebutkan kalau risiko terkena diabetes tipe 2 ini dua kali lipat lebih berisiko.

Dalam mentega terdapat lemak jenuh bisa mengurai menjadi lemak trans yang sudah banyak diketahui sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jika lemak trans ini terlalu banyak masuk ditubuh, maka kemungkinan besar akan menyumbat pembulu darah dan bisa mengakibatkan risiko yang sangat fatal.

Hal ini karena lemak trans sangat sulit untuk disekresikan oleh tubuh secara otomatis, maka lemak trans ini bisa sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kita.

Untuk mencegah lemak trans muncul, maka ada saran yang baik untuk dikonsumsi seperti kacang-kacangan, sereal gandum, buah-buahan dan sayuran. Sementara itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandun protein, misalnya dari daging merah atau ikan yang segar.

Sebisa mungkin dalam pengelolahan makanan jangan terlalu sering menggunakan mentega, sebaiknya gunakanlah dengan minyak zaitun atau ganti dengan ekstrak virigin oil yang lebih berkhasiat.

Banyak manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan, oleh sebab itu minyak zaitun sangat direkomendasikan digunakan saat memasak, selain mninyak zaitu juga bisa mencegah penyakit kronis, terutama penyakit diabetes tipe 2 yang bisa menyerang siapa saja yang tidak hidup dengan sehat.

Minyak zaitun tak perlu lagi diragukan khasiatnya, karena ini sudah terbukti dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition. Jadi lebih baik untuk menghindari diabetes tipe dua, ganti mentega dengan zaitu agar risiko menjadi lebih kecil.

Demikian mengenai Masak Pakai Mentega tingkatkan Risiko Diabetes, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Dan jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Masak Pakai Mentega tingkatkan Risiko Diabetes"

Posting Komentar