Persendian Pegal Tanda Asam Urat Tinggi?

Persendian Pegal Tanda Asam Urat Tinggi?
Persendian Pegal Tanda Asam Urat Tinggi? - Saat sebagian tubuh merasa pegal, misalnya persendian tangan atau pingga, tak sedikit orang yang langsung berpikir kalau ini adalah asam uratnya tinggi. Dengan demikian mereka menganggap kalau dirinya telah terkena asam urat. Tapi apakah pernyataan tersebut benar?

Seperti dikutip dari detikcom, dr Marthan Iskandar, SpPD dari RS Mayaoada Lebak Bulus mengatakan memang banyak orang yang salah kaprah di mana mereka berpikir bagian tubuh yang pegal merupakan tanda asam urat. Padahal, sebelumnya asam urat terjadi di sendi-sendi yang suhunya dingin, contohnya di ibu jari kaki dan lutut.

"Kalau hanya pegal itu buka asam urat. Sebab, ketika terjadi serangan asam urat, yang terjadi adalah The King of Pain. Nyeri banget, bahkan sampai nggak bisa jalan," kata dr Martha.

Sementara, jika keluhan sakit terasa di jempol kaki, menurut dr Martha bisa saja ada kemungkinan asam urat. Namun, perlu dicurigai adanya keluhan lain pula seperti arthritis yang lain. Hanya saja, jika keluhan nyeri di jari-jari kaki sampai telapak kaki, itu bukan asam urat yang tinggi.

Asam urat bersifat monoartritis dimana nyeri kebanyak terjadi di satu sendi saja. Lantas bagaimana dengan nyeri yang terjadi di area antara telunjuk dan jempol?

"Kalau di telunjuk dan jempol, seperti nggak. Kalau ditangang mungkin nyerinya akibat ada gangguan di tendon (antara otot dan tulang) ya. Misalnya karena kebanyakan ngetik," tambah dr Martha.

Gejala asam urat juga bisa terasa di lutut. Jika kedua lutut sampai tidak menekuk misalnya, menurut dr Martha harus dipastikan apakah benar diagnosisnya adalah asam urat atau perkapuran (osteoarthritis).

"Tetapi pada prinsipnya bila sudah menimbulkan nyeru berkepanjangan atau nyeri dalam beraktivitas, tindakan yang bisa dilakukan pilihan salah satunya adalaah operasi," kata dr Martha.

Demikian mengenai Persendian Pegal Tanda Asam Urat Tinggi?, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Persendian Pegal Tanda Asam Urat Tinggi?"

Posting Komentar