Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Cara Mencuci Tangan dengan Benar
blog.rjschinner.com
Cara Mencuci Tangan dengan Benar - Menjaga kebersihan tubuh memang sangat penting untuk mencegah kuman dan bakteri menyerang tubuh. Menurut penlitian, mencuci tangan yang benar dapat mengurangi angka penularan infeksi berbagai penyakit (seperti influenza, diare, hingga hepatitis A) hingga 50 persen.

Karena itu sangat penting untuk mengetahui mencuci tangan yang benar menurut standar yang dit tetapan oleh WHO (World Health Organisation) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara terbaik untuk membunuh kuman. Namun bila tidak bersedia, Anda dapat menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol 60 persen sebagai gantinya. Kendati demikian, penggunaan hand sanitizer tidak di benarkan jika tangan Anda terdapat kotoran yang sangat kotor atau sulit untuk di bersihkan.

Sebelum cuci tangan, Pastikan Anda memiliki sabun dan sumber air mengalir. Aliran air terlebih dahulu lalu letakkan sabun (dapat sabun cair ataupun sabun batang) pada tangan. Jauhkan tangan dari air selama mencuci tanga. Saat mencuci tangan, lakukanlah hal-hal berikut :

1. Gosok kedua tangan dengan cara menempelkan bagian telapak tangan satu dengan yang lain.

2. Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri. Lakukan pada tangan sebaliknya.

3. Menggosok sela-sela jari dengan cara menyilang jari tangan kanan dengan kiri.

4. Gosok bagian dalam dan punggung jaru dengan posisi ujung jari saling mengunci.

5. Bersihkan iu jari. Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Lalu lakukan pada tangan sebaliknya.

6. Membersihkan kuku dan ujung jari dengan menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Kemudia gosokan kepada telapak tangan yang berlawanan. Lakukan ini pada tangan sebaliknya.

Setelah mencuci tangan dengan cara di atas, lalu bersihkan tangan dengan air mengalir hingga bersih. Lakukan sekitar 15-30 detik. Kemudian keringkan dengan lap tangan yang terjamin kebersihannya atau hand dryer. Anda juga dapat menerapkan langkah yang sama saat menggunakan hand sanitizer.

Dengan mencuci tangan dengan bersih, maka Anda akan terhindar dari penularan berbagai macam penyakit yang di akibatkan oleh kuman. Jadi jangan lupa menuci tangan dengan benar, lakukan cuci tangan dengan benar dan bersih.

Demikian mengenai Cara Mencuci Tangan dengan Benar, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Cara Mencuci Tangan dengan Benar"

Posting Komentar