Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headphone

Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headphone
Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headphone - Apakah kalian pernah menggunakan headphone? Seberapa lamakah Anda menggunakan headphone? Dan seberapa keraskan kalian mendengarkan musik dengan headphone, sampai ada orang yang menegur Anda suara terlalu keras hingga orang lain bisa mendengarkannnya.

Mendegarkan musik boleh-boleh saja menggunakan headphone, tapi yang perlu diperhatikan adalah volume musik itu sendiri, jangan terlalu keras sehingga orang mendengar musik dari headphone Anda. Saat ini gangguan pendengaran lebih tinggi 30 persen dibandingkan pad tahun 1980. Para ahli percaya penyebab semua ini adalah karena penggunaan headphone yang salah dan terlalu lama.

Headphone merupakan gaya hidup anak muda zaman sekarang, saat mereka sedang berpergian jauh atau naik transportasi umum, maka untuk menghilangkan kebosanan tersebut yang biasa mereka lakukan adalah mendengarkan musik menggunakan headphone. Karena menjadi gaya hidup anak muda zaman sekarang, headphone hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran dengan model yang trendy tentunya untuk memikat kalangan muda.

Penggunaa headphone memberikan sensai suara yang bersifat probadi, sehingga orang yang disekitar kita tidak mendengar apa yang sedang kita dengarkann dan tidak memganggu mereka. Tapi, apakah Anda tahu bahaya terlalu lama dan volume yang tinggi bisa menyebabkan gangguan pendengaran permanen?

Bahaya Headphone untuk Telinga

Mungkin untuk sebagian orang headphone diperlukan untuk urusan pekerjaan, seperti halnya editor video dan musik memerlukan headphone agar mereka bisa lebih tajam dalam mendengarkan audionya. Namun yang menjadi permasalahannya adalah ketika seseorang menggunakan headphone, apakah mereka sadar dengan bahay headphone jika digunakan dengan durasi yang lama dan volume yang besar, dan dilakukan secar terus menerus sepanjang hari?

Bahaya headphone disebabkan oleh suara dari headphone itu sendiri yang masuk kedalam liang telinga, menggetarkan gendang telinga dan akan diteruskan oleh tulang pendengaran. Pada khirnya getaran ini akan menggetarkan sel rambut pada koklea, yanga akan dilanjutkan untuk merangsang pusat pendengaran di otak.

Sel rambut ini merupakan target dari suara yang keras. Paparan terhadap musik yang keras dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan sel rambut. Sel rambut akan digantikan dengan jaringan parut dan hal ini bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Seberapa Seharusnya Volume Ketika Menggunakan Headphone?

Pemutar musik atau headphone yang sering Anda gunakan bisa mengeluarkan suara sampai kekuatan 120 db, yang merupakaan suara dari sebuah konser musik rock. Kerusakan pada sel rambut telinga akan mulai terlihat setelah pengunaan selama satu jaman dalam paparan ini. Namun, tanda suara headphone Anda terlalu keras ketika Anda tidak mendengar suara sekitar kalian saat menggunakan headphone.

Sangat disarankan bagi Anda yang menggunakan headphone maksimal dengan volume 60 persen dan tidak terlalu lama menggunakan headphone, yaitu sekkitar 60 menit setiap harinya. Jangan sepelekan bahaya penggunaan headphone, karena jika Anda sudah mengalami gangguan pada telinga, maka Anda sudah kehilangan fungsi salah satu organ paling penting yang Anda miliki. 

Maka dari itu, lebih baik sayangilah pemberian Tuhan tersebut, rawat baik-baik dan jangan rusak hal tersebut. Dan jika telinga sudah tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak berfungsi sama sekali, maka dunia bagaikan sunyi tanpa suara, karena sudah tidak bisa mendengar lagi, maka mulai sekarang perhatikan baik-baik telinga kalian dan jaga dengan baik.

Demikian mengenai Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headphone, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Bahaya Terlalu Lama Menggunakan Headphone"

Posting Komentar