Menyembuhkan Patah Tulang Tanpa Operasi

Menyembuhkan Patah Tulang Tanpa Operasi
Menyembuhkan Patah Tulang Tanpa Operasi - Patah tulang adalah hal yang menakutkan bagi yang mengalami, saat Anda patah tulang, maka gerakan tak bisa seleluas saat Anda tak patah tulang. Untuk menyembuhkannya pun butuh waktu yang relatif lama. Tapi tahukan Anda bahwa patah tulang tidak harus di operasi?

Di dalam dunia medis, patah tulang juga disebut dengan fraktur. Kondisi ini bisa terjadi pada sebagaian tulang, ataupun keseluruhan tulang. Derajat keparahannya pun berbeda-beda, tegantung dari mekanisme terjadinya patah tulang tersebut.

Patah tulang biasanya mempunyai gejala nyeri, bengkak, kemerahan, dan kelainan bentuk tulag (deformitas). Untu memastikannya, dokter akan melakukan pemeriksaan sinar-X. Pada beberepa kasus, sinar-X tidak dapat menunjukkan adanya fraktur. Jika ini terjadi maka pemeriksan Computed Tomography Scan (CT-Scan), Magnetic Resonance Imaging (MRI), atau bone scan perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa parah patah tulangnya.

Tulag yang patah harus di perbaiki dan dikembalikan ke posisi semula, atua dikenal dengan sebutan reduksi. Tindakan reduksi bisa dilakukan tanpa operasi, disebut dengan reduksi tertutup Ini umumnya oleh dokter spesialis ortopedi (bedah tulang) atau dokter umum yang berpengalaman menggunakan obat antinyeri atau bius (lokal atau umum)

Setelah selesai dilakukan reduksi, tulang harus dipertahankan agar tidak bergerak menggunakan bidai. Dapat pula dilakukan traksi untuk mengurangi rasa nyeri. Obat antinyeri dan antibiotik juga bisa diberikan untuk mengurangi nyeri dan mencegah infeksi. Proses penyembuhan umumnya membutuhkan waktu sekitar 6 minggu lamanya.

Namun demikian, tidak semua jenis patah tulag dapat dilakukan reduksi tertutup. Karena kondisi patah tulang tipe kominutif berat membutuhkan reduksi terbuka (tindakan bedah/operasi). Ini biasanya membutuhkan fiksassi internal berupa kawat, sekrup, pen, atau pelat.

Penanganan patah tulang tergantung dari jenis dan derajat keparahannya. Proses penyembuhan yang berbeda-beda. Bagaiamana pun caranya, melalui operasi atau tanpa operasi, patah tulang tetapa membutuhkan penanganan segera mungkin. Sebab jika tidak segara, kondisi ini dapat meningkatkan risiko infeksi, pendarahan, bentuk tulang yang tidak normal.

Demikian mengenai Menyembuhkan Patah Tulang Tanpa Operasi, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Menyembuhkan Patah Tulang Tanpa Operasi"

Posting Komentar