Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Gigi Kuning

Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Gigi Kuning
Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Gigi Kuning - Memiliki gigi putih dan sehat adalah impian banyak orang, dengan gigi yang bersih dan putih, kita akan PD saat tersenyum pada orang lain untuk menujukkan gigi yang putih dan bersih.

Sayangnya untuk memiliki gigi bersih dan putih berseri bukanlah perkara mudah. Apalagi jika Anda sering mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat gigi Anda menjadi kuning. Bukannya putih berseri tapi bisa-bisa gigi Anda malah tambah mengkuning.

Jika Anda ingin terbebas dari masalah gigi kuning di kemudian hari, maka sebaiknya hindari makanan dan minuman di bawah ini, seperti dilansir dari klikdokter.com :

1. Buah-buah

Blueberry, blackberry, stroberi, ceri, delima merah dan buah-buahan lain dengan warna yang mencolok dapat menyebabkan noda ada gigi. Begitu juga jus dan kue yang disertai dengan campuran dari buah-buahan tersebut. Sedangkan, buah-buahan dengan warna lebih pucat, seperti anggur hijau, chranberi memiliki kemungkinan sangat kecil dalam menyebabkan noda pada gigi. Meski demikian buah tersebut mengandung asam yang dapat melunakkan enamel gigi Anda.

2. Teh

Teh biasa dikatakan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan bagi Anda. Namum demikian, terlalu banyak minum teh juga bisa membuat gigi Anda menjadi kuning, terutama jenis teh hitam. Ini karena teh hitam mengandung banyak tanin, sehingga lebih agresif menodai gigi dibandingkan dengan tek hijau, teh herbal, dan teh putih.

3. Kopi

Ini adalah minuman kesukaan anak muda sekarang, mereka biasanya sering minum kopi. Namun, kandungan tanin (asam tanat) pada minuman ini dapat menyebabkan plak pada permukaan gigi menjadi kecokelatan, sehingga gigi tampak menuning. Tak hanya itu, tanin juga bisa memuat pH pada kopi menjadi rendah atau bersifat asam. Kondisi ini dapat melunakkan email gigi makin mudah untuk disusupi zat perwarna.

4. Kecap dan Saus

Saat makan, tak lengkap tanpa kecap atau saua, saat ada saus dan kecap maka makanan akan menjadi lebih nikmat. Walaupun sangat enak untuk di makan, tapi sayangnya makan tersebut adalah musuh untuk gigi Anda.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersioda memiliki tingkat keasaman yang tinggi, yaitu 2,52 zat asam, pewarna buatan dan komponen pemanis buatan dalam minuman ini dapat melunakkan enamel gigi, sehingga dapat mencetuskan terjadinya karies gigi berlubang. Enamel gigi lunak rentan untuk di susupi noda, sehingga gigi akan lebih mudah untuk berubah warnanya.

Untuk mencegah gigi kuning Anda tak harus tak makan makanan diatas, tapi Anda hanya perlu membatasi makan-makanan di atas, dan usahakan untuk sikat gigi sehabis makan, dan saat mau tidur. Usahakan untuk sikat gigi seminimal mungkin 2 kali sehari.

Demikian mengenai Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Gigi Kuning, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Gigi Kuning"

Posting Komentar