6 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur

6 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur
6 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur - Tidur adalah salah satu kebutuhan penting dari manusia. Saat tubuh kita memasuki tahapan-tahapan tidur di malam hari, tekanan darah mulai menurun, nafas menjadi lambat, otot-otot menjadi rileks,dan hormon-homon, terutama yang membantu pertumbuhan, dilepaskan.

Walaupun begitu, sebenarnya masih ada banyak proses lain yang aktif selama kita tidur. Berikut adalah 6 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur :

1. Hormon Lapar

Ketika kitda sedang tidur, sistem pencernaan akan mengatur kadar hormon leprin dan ghrelin. Leptin membantu menghambat rasa lapar dan keseimbangan energi, sementara yang dilakukan ghrelin sebaliknya, yaitu merangsang nafsu makan dan mengontrol pelepas insulin.

Nah, jika kita kurang tidur, keseimbangan kedua hormon itu bisa terganggu. Ini bisa menjelaskan mengapa kebanyakan perut orang yang habis bergadang sulit dibuat kenyang. Rasa lapar terus-menerus menyerang.

2. Pada Mata

Walaupun mata kita terpejam, saat tidur ada tahapan yang disebut dengan rpid eye movement yang ditandai dengan mata bergerak-gerak atau berkedut. Kesibukan yang terjadi pada mata lebih dari itu. Misalnya saja akan terjadi proses pembersihan organ penglihatan ini dari debu dan kotoran. Lendir atau belek di ujung mata adalah hasilnya.

Kelopak mata kita mirip dengan risleting, mulai dari bagian pipi mengarah ke hidung. Mata juga akan mengeluarkan air mata untuk membersihkan berbagai material yang masuk.

3. Pemulihan Tubuh

Tidur adalah waktu yang krusial karena pada saat inilah terjadi pemulihan pada tubuh. Hormon pertumbuhan juga dilepaskan sehingga proses perbaikan pada sel, otot, dan tullang bisa terjadi. Setiap jaringan di tubuh di perbarui secara cepat dibandingkan saat kita terjaga. Disaat ini tubuh juga memproduksi hormon testosteron dan fertilitas.

4. Menjadi Lebih Kuat

Saat kita berada di alam mimpi, sistem kekebalan tubuh kita juga akan meningkat, karena protein tertentu yang membantu melawan infeksi, termasuk faktor pelawan sejumlah sel tumor. Ada beberapa penelitian pada orang dewasa muda menunjukkan, kurag tidur bisa mengurangi level sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

5. Stres Berkurang

Ketika tidur pula tubuh akan menurunkan level kortisol, hormin yang berkait dengan stres. Bila kadar hormon ini terlalu tinggi, dalam jangka panjang bisa memicu dpresi, kecemasan, dan pada wanita akan menggangi siklus menstruasi.

6. Mempercantik Kulit

Sama seperti otot-otot yang memperbaiki dirinya sendiri saat tidur juga ikut memuluhkan dirinya. Akan ada lebih banyak sel kulit yag diproduksi dan pemecahan protein melambat, sehingga perbaikan bisa dilakukan. Itu sebabnya, tidur yang nyenyak adalah syarat untuk memiliki kulit cantik.

Demikian mengenai 6 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "6 Hal Aneh yang Terjadi pada Tubuh Saat Tidur"

Posting Komentar