Kebiasaan Buruk BAB yang Bisa Menambah Risiko Wasir

Kebiasaan Buruk BAB yang Bisa Menambah Risiko Wasir
Kebiasaan Buruk BAB yang Bisa Menambah Risiko Wasir - Buang air besar normalnya dilakukan setiap hari, maka kita akan cenderung merasa lebih baik-baik saja dengan kondisi kesehatan tubuh. Padahal tak sering saat kita sedang BAB, kita tanpa sadar melakukan hal buruk, yakni sambil membaca atau bahkan mendengarkan musik. Tapi mengapa hal ini terjadi?

Jika toilet duduk memang bisa membuat bersantai saat buang air besar, namun sayangnya karena posisi nyaman ini kita jadi bisa buang air besar dengan membaca koran, ponsel, atau bahkan pemutar musik. Hal ini ternyata bisa membuat kita lebih lama buang air besar dari biasanya dan jika hal ini terjadi, maka kita pun akan lebih mudah terkena wasir,penyakit yang terjadi karena pembuluh darah pada dalam atau sekitar anus dan rectum bawah mengalami pembengkakan.

Saat berada dalam kondisi duduk, anus kita akan berada dalam posisi rileks dan pembuluh darah di sekitarnya pun akan memiliki banyak darah dan bisa memicu tekanan. Selain itu, andai kita juga bterbiasa mengejan dengan cukup keras, maka tekanan pada anus ini bisa menjadi semakin besar dan ada akhirnya bisa memecahkan pembuluh darah tersebut. Alhasil, disekitar anuak akan mengallami peradangan dan pada akhirnya menimbulkan benjolann pada anus atau wasir.

Sebenarnya toilet jongkok lebih baik dari pada toilet duduk, karena toilet jongkok lebih baik untu saluran pencernaan, proses buang air besar, dan juga otot-oto pada ektum menjadi semakin kuat. Selain itu untuk mencegah munculnya wasir, lebih baik mengonsumsi asupan serat, yakni setidaknya 30 gram setiap hari, atau baca lebih lanjut disini.

Dan kita sebaiknya juga membiasakan buang air besar. Sebagai contoh, andai belum meraa mulas, ada baiknya jangan dipaksakan hingga mengeja dengan keras untuk buang air besar. Andai kita sudah berada di toilet selama 10 menit namum belum juga buang air besar , sebaiknya segera keluar dari toilet dan sudahi acar buang air besarnya, karena kalau diteruskan, maka akan mudah terkena wasir.

Demikian mengenai Kebiasaan Buruk BAB yang Bisa Menambah Risiko Wasir, semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya.
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Kebiasaan Buruk BAB yang Bisa Menambah Risiko Wasir"

Posting Komentar