Beberapa Hal Tak Terduga Penyebab Berat Badan Naik

Beberapa Hal Tak erduga Penyebab Berat Badan Naik
Beberapa Hal Tak Terduga Penyebab Berat Badan Naik - Memiliki berat badan yang ideal, pastinya diinginkan oleh banyak orang. Tapi, tak semua orang bisa mempunyai berat badan yang ideal. Dan tentunya Anda akan menyalahkan makanan jika berat badan Anda menjadi naik.

Selain makanan , ada beberapa faktor yang tak terduga lainnya yang juga dapat meningkatkan angka timbangan Anda. Apa saja hal tak terduga yang bisa membuat berat badan Anda naik? Berkut ulasannya yang dilansir dari klikdokter.com :

1. Genetik

Genetik merupakan faktor penyabab peningkatan berat badan yang tidak bisa di ubah atau dihilangkan. Jika orangtua, dan beberapa saudara Anda mengalami peningkatan berat badan, maka kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama pula.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon dapat memengaruhi berat badan, terutama pada wanita. wanita yang sudah memasuki masa menopause memiliki ketidakseimbangan hormon, yakni dengan meenurunkan kadar hormon estrigen. Hormon ini mengatur dalam mengontrol berat badan seseorang.

3. Garam

Salah satu sifat garam dapat menahan air di dalam tubuh kita. Jika Anda mengonsumsi makanan asin dalam jumlah yang banyak, dan tidak disertai dengan olahraga yang cukup di hari yang sama, maka akan terjadi peningkatan berat badan. Hal ini disebabkan oleh rentasi air (akumulasi cairan di dalam tubuh), yang jika berlebihan dappat mengakibatkan  pembengkakan di daerah perut, kaki, tumit, dan wajah.

4. Obat

Apakah Anda rutin minum obat terkait dengan oenyakit yang Anda sedang alami? Jika iya, bisa jadi peningkatan berat badan yang Anda alami berkaitan dengan obat tersebut. Ada beberaoa obat yang bisa meningkatkan berat badan sepert anthistamin, obat steroid, obat untuk mengatasi gangguan bipolar dan kejang (asam valprote), serta obat diabetes.

5. Penyakit

Ada beberapa penyakit yang bisa meningkatkan berat badan, seperti hipotiroidisme dan sindrom cushing. Penyakit hipotirodisme memiliki gejala meningkatkan berat badan yang diserta pembangakakan di sekitar leher. Sedangkan sindrom cushing oleh meningkatnya hormon kortisol dalam jangka waktu yang lama. Orang yang menderita obesitas, diabetes melitus,dan hipertensi akan memiliki risiko tehadap sindrom cushing.

6. Pemanis Buatan

Pemanisa buatan yang terdapat banyak di makanan dan minuman yang biasanya dijual bebas di pasaran, memiliki peranan dalam meningkatkan berat badan juga.

7. Kurang Tidur

Siapa sangka kalau kurang tidur adalah salah satu penyebab naiknya berat badan. Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon yang bernama ghrelin di dalam tubuh. Hormon ghrelin berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Tak heran jika Anda sering merasa lapar jika kurang tidur.

8. Stres dan Depresi

Ganggguan stres dan depresi stisolecara tidak langsung dapat memicu peningkatan berat badan. Karena saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon kartisol dalam kadar yang tinggi dapat membuat Anda.

Demikian mengenai Beberapa Hal Tak Terduga Penyebab Berat Badan Naik, semoga postingan kali bisa bermanfaat buat kalian
Disclaimer: Blog Dr OZ Indonesia tidak menjamin hasil tertentu sebagai hasil dari prosedur yang disebutkan di sini dan hasilnya dapat bervariasi dari orang ke orang. Topik di halaman ini termasuk teks, grafik, video dan bahan lain yang terkandung di situs ini adalah untuk tujuan informasi saja dan tidak harus diganti untuk saran medis profesional.

0 Response to "Beberapa Hal Tak Terduga Penyebab Berat Badan Naik"

Posting Komentar